PotretNews.com Senin 10 Desember 2018
Home > Berita > Rohil

20 Hektar Lahan Gambut di Kecamatan Tanahputih Rokan Hilir Terbakar

20 Hektar Lahan Gambut di Kecamatan Tanahputih Rokan Hilir Terbakar

Ilustrasi.

Senin, 20 Februari 2017 15:27 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dua puluh hektar lahan gambut di Kecamatan Tanahputih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, terbakar."Informasi yang kita peroleh, lokasi tersebut sudah terbakar selama empat hari," kata Sekretaris Manggala Agni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau Ihsan Abdillah dilansir potretnews.com dari antaranews.com, Senin (20/2/2017).

Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau melakukan patroli udara setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, pada Senin pagi mendeteksi lima titik api, empat di antaranya di Rokan Hilir.

Dalam patroli udara menggunakan Helikopter Bell 412 bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut, menurut Ihsan, Satuan Tugas menemukan dua titik api yang masing-masing seluas 10 hektar.

Ads
"Sesuai data BMKG ada dua titik api dengan tingkat kepercayaan 100 persen. Kedua titik api lokasinya saling berdekatan," ujarnya.

"Dari udara sangat jelas terlihat adanya kanal-kanal yang sengaja memisahkan antara lahan kosong dan lahan yang telah ditanam sawit. Kami yakin itu sengaja dibakar," tambah dia. Namun dia mengaku belum mendapat informasi mengenai pemilik lahan yang terbakar tersebut.

Ia menjelaskan pula bahwa upaya pemadaman masih mengandalkan tim darat. "Tim darat telah berada di lokasi titik api. Untuk pengeboman air lokasi tersebut terlalu jauh, jadi kita mengandalkan tim darat untuk mengendalikan api," ujarnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Rohil, Umum, Peristiwa
wwwwww