PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Pemkab Siak Bakal ''Naikkan Kelas" 5 Puskesmas Menjadi Rumah Sakit Pratama di Tahun 2017

Pemkab Siak Bakal Naikkan Kelas 5 Puskesmas Menjadi Rumah Sakit Pratama di Tahun 2017

ilustrasi (foto : internet)

Minggu, 19 Februari 2017 02:24 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Demi mempermudah masyarakat memperoleh akses layanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau akan meningkatkan status lima (5) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi Rumah Sakit Pratama.

"Tahun 2017 ini akan ada 5 Puskesmas di Siak menjadi rumah sakit pratama. Bisa saja dibangun kembali atau meningkatkan status Puskesmas menjadi tipe D. Tipe itu sudah sama dengan rumah sakit. Cuman, tidak ada dr spesialisasinya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Siak Tony Chandra, menjawab potretnews.com belum lama ini.

Dikatakan Tony, pembangunan atau pengembangan kelima Puskesmas itu berada di wilayah Kecamatan Kandis, Kerinci Kanan, Minas, Sungai Apit dan Tualang. Bahkan diawal tahun, sudah dilakukan terlebih dahulu di Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang. Karena, tahap persiapan dan Detail Enginering Desain (DED) sudah masuk di Puskesmas tersebut.

"Belum lama ini, kita juga melakukan peninjauan di wilayah Kecamatan Kerinci Kanan terkait pembangunan rumah sakit pratama. Kalau di wilayah itu memang harus di bangun baru. Mungkin dari kelima Puskesmas, hanya Kecamatan Kandis yang bisa ditingkatan," imbuhnya.

Ads
Ia juga menjelaskan, pembangunan rumah sakit itu bukan tanpa alasan. Pasalnya di daerah Siak hanya satu Rumah Sakit, itu pun terletak di ibu kota daerah berjuluk "Negeri Istana" tersebut. Hal inilah menjadi penyebab daerah-daerah lain kesulitan mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan.

"Memang di masing-masing kecamatan sudah ada Puskesmas. Namun, ketika kondisi yang cukup serius, mayarakat harus merujuk ke RSUD Tengku Rafiah yang terletak di ibu kota. Sementara beberpa kecamatan jaraknya sangat jauh dengan ibu kota," kata Tony.

Tony juga tidak menampik, pembangunan atau pengembangan itu juga merujuk pada program Bupati Siak dan pemerintah pusat, agar selalu dapat memenuhi fasilitas kesehatan untuk masyarakat.

"Bukan hanya itu saja, tahun 2017 ini, kita juga mengusulkan 6 puskesmas ke kementerian kesehatan RI, agar dapat dinilai, guna memperoleh akreditasi dari tim surveyor kementrian," sebut Tony. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Pemerintahan
wwwwww