PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Kemarau Panjang Tahun 2017 Ancam Kebakaran Lahan di Riau

Kemarau Panjang Tahun 2017 Ancam Kebakaran Lahan di Riau

Ilustrasi/Kebakaran hutan di musim kemarau. (foto: national geographic indonesia)

Sabtu, 18 Februari 2017 22:58 WIB
PALEMBANG, POTRETNEWS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan sepanjang 2017, Provinsi Riau dan Sumatera Selatan akan mengalami kemarau panjang. Kondisi ini bisa memicu kebakaran hutan yang cukup berdampak.Perkiraan BNPB, kemarau panjang pada 2017 akan mengkhawatirkan. Sebab kondisinya akan berbeda dengan 2016 yang masih diselingi oleh musim hujan. Sementara itu, pada tahun ini, saat kemarau, hujan diperkirakan baru muncul pada Agustus.

"Dari data prakiraan cuaca, 2017 akan lebih berat karena kemarau panjang, sehingga harus meningkatkan antisipasi," kata Kepala BNPB Willem Rampangilei ketika Apel Siaga Pasukan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Palembang Sumatera Selatan, Sabtu ( 18/2/2017), dilansir potretnews.com dari viva.co.id.

Atas itu, kata dia, Presiden Joko Widodo langsung memberikan arahan, dan kemudian berdasarkan usulan daerah, ada status tanggap darurat untuk Riau dan Sumatera Selatan.
Sejauh ini, langkah siaga selain butuh kerja sama dengan pemerintah setempat, BNPB akan menurunkan dua unit helikopter water boombing untuk disiagakan di Sumatera Selatan. "Kita jangan lengah. Apalagi akhir tahun ini Sumatera Selatan nanti akan ada Asian Games. Sekarang posko siaga sudah didirikan," ucapnya.

Ads
Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumpulkan para gubernur yang rawan terjadi bencana kebakaran dan lahan.

"Saya hanya mau memastikan persiapan di Sumatera Selatan seperti apa untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Sejauh ini sudah sangat baik. Pesan Presiden RI agar penangggulangannya menjadi perhatian," ujar dia. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Tour de Siak 2018
wwwwww