PotretNews.com Senin 20 Februari 2017
Home >  Berita >  Siak

Waduh! Dari 15 Puskesmas yang Ada di Kabupaten Siak, Ternyata Cuma 1 yang Terakreditasi

Waduh! Dari 15 Puskesmas yang Ada di Kabupaten Siak, Ternyata Cuma 1 yang Terakreditasi

Puskesmas Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau. (foto: internet)

Kamis, 16 Februari 2017 17:00 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Provinsi Riau Tony Candra mengatakan, dari 15 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di daerah setempat, baru 1 yang terakreditasi, yaitu Puskesmas Kecamatan Siak.

"Dari 3 puskesmas yang kita ajukan ke Kemenkes tahun 2016 lalu, hanya 1 yang Terakreditasi. Ketiga puskesmas itu di antaranya, Puskesmas Bungaraya, Perawang Tualang, dan Siak. Pasalnya, petugas yang mengakreditasikan kedua puskemas lainnya tidak datang, dengan alasan tidak jelas," kata Tony kepada potretnews.com, Kamis (16/2/2017).

Bahkan lanjutnya, hal itu yang menjadi kendala bagi dinas yang iya pimpin saat ini. Karena petugas dari kementrian berbeda-beda ketika melakukan penilaian.

"Saya juga heran, puskesmas pun yang menilai harus dari Jakarta. Semestinya kan dari Dinas Kesehatan Provinsi. Tapi bagimana kita buat, karena itu sudah peraturan dari kementerian," ujarnya.

Ads
Untuk tahun 2017, Dinas Kesehatan daerah setempat berencana mengajukan 4 Puskesmas untuk diakreditasikan. Di antaranya, Puskesmas Kecamatan Dayun, Lubukdalam, Kandis, dan Sungaiapit.

"Sebenarnya dalam aturan Kemenkes, setiap satu tahun sekali, satu puskesmas harus terakreditasi. Tapi, kita juga harus membutuhkan kesiapan dan persedian yang matang. Kadang kita sudah siap, mereka belum siap, atau sebaliknya," imbuh Tony.

Sementara untuk anggaran penilaian itu, bukan dari dana APBD daerah setempat. Melainkan bersumber dari dana APBN. "Kalau masalah anggaran memang dari dana APBN. Satu puskesmas menghabiskan anggaran sebesar Rp 150 juta," ujarnya. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Peristiwa, Lingkungan
loading...
www www