PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Siak

Kadiskes Siak Tony Chandra: Kalau Cuma Pilek, Jangan ke Rumah Sakit...

Kadiskes Siak Tony Chandra: Kalau Cuma Pilek, Jangan ke Rumah Sakit...

Ilustrasi. (foto: internet)

Rabu, 15 Februari 2017 12:14 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Selama ini, masyarakat daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau, mungkin bertanya-tanya, mengenai sejauh mana kapasitas Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Siak, dapat dipergunakan masyarakat ketika mau berobat.Karena, selama ini surat rujukan dari puskesmas menjadi syarat penting ketika masyarakat mengunakan kartu itu untuk berobat ke rumah sakit. Bahkan, masyarakat juga dipusingkan, mengenai jenis-jenis penyakit apa saja yang dapat berobat mengunakan kartu tersebut.

Apakah kartu itu berfungsi ketika masyarakat mengidap penyakit kanker, tumor, jantung, dan lain-lain? Kalau itu sudah pasti. Pasalnya kartu itu bisa di rujuk hingga ke rumah sakit ternama di Indonesia, seperti Rumah Sakit Umum Adi Sucipto Jakarta.

Tetapi, saat ini, masyarakat tak perlu pusing lagi, karena, Kartu Jamkesda, dapat dipergunakan dengan jenis penyakit apa saja. Mulai dari sakit ringan hingga sakit yang sejatinya harus dirawat inap di rumah sakit.

Ads
"Sakit pilek dan batuk, juga bisa pakai Kartu Jamkesda," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Siak Tony Chandra, kepada potretnews.com, Selasa kemarin (14/2/2017).

Walau demikian, ia berharap kepada masyarakat, agar memanfaatkan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang berada di setiap kecamatan, untuk menangani penyakit yang sejatinya bisa ditangani oleh petugas puskesmas.

"Kalau sakitnya tak terlalu parah, kan ada puskesmas sebagai salah satu pembantu rumah sakit di setiap wilayah. Memang dokter spesialisasinya tak ada. Tapi, petugas puskesmas bisa menangani penyakit yang tidak terlalu bahaya. Semua ada bidangnya di situ (puskesmas,red). Kalau sudah tak tertangani lagi, baru dirujuk ke rumah sakit," sebut Tony.

Memang dikatakan Tony, walau sakit ringan seperti pilek, bisa langsung ke Rumah Sakit Umum, tetapi sangat disayangkan, ketika masyarakat yang jauh dari rumah sakit, berobat hanya sakit batuk atau pilek.

"Kan sayang hanya batuk dan pilek datang ke rumah sakit. Apalagi yang tinggal di wilayah Kandis. Kecuali yang tinggal di seputaran Kota Siak Sri Indrapura, itu wajar, karena dekat dengan RSUD Tengku Rafi'an," ujar Tony. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww