PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Kapolda Riau Minta PKS Tidak Terima Buah Sawit dari Perkebunan di Areal Taman Nasional Tesso Nilo

Kapolda Riau Minta PKS Tidak Terima Buah Sawit dari Perkebunan di Areal Taman Nasional Tesso Nilo

Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) pagi ini, Kamis (12/1/2017) ditemukan kembali dalam kondisi berasap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 14 Februari 2017 06:20 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara akan menyurati secara resmi 52 pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) untuk tidak menerima tanda buah segar (TBS) kelapa sawit dari perkebunan yang ada di dalam kawasan TNTN.Ini dilakukan sebagai bentuk upaya memulihkan kawasan TNTN dari pencaplokan dan menjadikannya sebagai areal perkebunan kelapa sawit. Upaya ini dilakukan selain upaya somasi terhadap perusahaan yang memiliki lahan di dalam areal itu.

"Kepada 52 PKS untuk tidak menerima TBS dari sekitar TNTN, kedua saya somasi perusahaan yang ada supaya angkat kaki. Saya akan police line. Lihat saja nanti, pelan-pelan tapi pasti," tegas kapolda kepada tribunpekanbaru.com, Senin (13/2/2017), yang dilansir potretnews.com.

Persoalan pencaplokan di areal TNTN menjadi serius, dan menjadi perhatian pemerintah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Hutan (KLHK) sebelumnya mengungkapkan adanya keterlibatan cukong. ***

Ads
Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww