PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018
Home > Berita > Siak

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Siak, Polsek Sungai Mandau Gandeng Perusahan dan Pemerintah

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Siak, Polsek Sungai Mandau Gandeng Perusahan dan Pemerintah

Simulasi pemadaman api yang dilakukan oleh Masyarakat Peduli Api di halaman Mapolsek Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. (foto: istimewa)

Selasa, 31 Januari 2017 14:15 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Untuk mencegah terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Mandau ''menggandeng'' sejumlah perusahan dan pemerintah, melakukan sosialisi terkait larangan membakar lahan dan hutan di daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau.Kapolsek Sungai Mandau Kabupaten Siak Iptu Hermanto mengatakan, digelarnya sosialiasi itu sebagi wujud kepedulian pihak forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) terhadap musibah kebakaran hutan dan lahan yang hampir terjadi setiap tahunya di Provinsi Riau, terutama pada saat musim kemarau.

"Peristiwa ini merupakan isu lingkungan yang perlu dilakukan pencegahan dan pengendaliannya. Untuk itu, kita melakukan sosialisasi ini sebagai bentuk pencegahan dini tehadap musibah tersebut," kata Kapolsek Sungai Mandau kepada potretnews.com, Selasa (31/1/2017).

Untuk itu, dia berharap semua unsur elemen lapisan masyarakat dapat mengantisipasi sedini mungkin pencegahan kebakaran hutan dan lahan. "Diharapkan kepada masyarakat yang memiliki lahan, agar tidak membakar lahannya di musim kemarau," pintanya.

Ads
Camat Sungai Mandau Nopendra Kasmara menyampaikan, untuk mengatasi terjadinya permasalahan kebakaran lahan dan hutan, sangat tepat kiranya dipersiapkan segala upaya antisipasi seperti pencegahan, penanggulangan, pemadaman, sampai pada pemulihan.

Bahkan lanjut camat, itu adalah salah satu tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini, agar masyarakat paham mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang selama ini menjadi sorotan baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

"Dengan dilaksanakannya sosialiasi ini, hendaknya dapat menyadarkan kita semua bahwa begitu pentingnya menjaga lingkungan. Karena, lingkungan juga sebagai salah satu elemen penting dalam kesehatan," jelas camat.

Usai mengelar sosialiasi itu, Kapolsek Sungai Mandau Iptu Hermanto, Camat Sungai Mandau Nopendra Kasmara, Estate Manager PT RAPP Rihat Ritonga, serta tamu undangan lainnya, menyaksikan simulasi pemadaman api yang dilakukan oleh Masyarakat Peduli Api di halaman Mapolsek setempat. ***

Kategori : Siak, Umum, Lingkungan, Hukrim
Tour de Siak 2018
wwwwww