PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Percepat Pembangunan dan Geliat Ekonomi, Bupati Inhil HM Wardan Pastikan DMIJ Jadi Program Prioritas Tahun 2017

Selasa, 31 Januari 2017 09:12 WIB
Advertorial
percepat-pembangunan-dan-geliat-ekonomi-bupati-inhil-hm-wardan-pastikan-dmij-jadi-program-prioritasBupati Indragiri Hilir HM Wardan Bupati HM Wardan didampingi Kepala BPMPD H Yulizal (kanan) melihat foto pembangunan Program DMIJ, beberapa waktu lalu.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Dalam upaya mempercepat geliat pembangunan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan, tetap memprioritaskan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada tahun belanja APBD tahun 2017.Dilanjutkannya program-program prioritas itu, memiliki banyak tujuan, selain tujuan utama pembangunan. Yakni, tujuan memperdayakan seluruh komponen masyarakat agar lebih maju dan sejahtera.

"Pelaksanaan program ini melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, penganggaran dan seterusnya," kata Bupati Inhil HM Wardan, belum lama ini.

Menurut bupati, sekarang sudah bisa dilihat dengan kasat mata bahwa keberhasilan program DMIJ dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas, merata dan terintegrasi. Karena hal ini erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Ads
Dengan semakin membaiknya infrastruktur hingga ketingkat desa, dapat memudahkan masyarakat mengakut hasil pertanian yang menjadi potensi di Kabupaten Inhil. Artinya masyarakat tak lagi bergantung dengan kondisi alam atau air pasang surut dalam mengakut hasil bumi.

"Perangkat desa selaku pelaksana program DMIJ harus terus bersinergi dengan pemerintah kecamatan agar terwujudnya singkronisasi sehingga terwujudnya asas pemerataan pembangunan itu sendiri," papar Wardan.

Saat ini masyarakat tengak bersuka gembira dengan hadirnya DMIJ. Kalaupun pada saat ini ada kondisi pembangunan desa yang memprihatinkan, itu hanya persoalan desa yang tidak maksimal melakukannya. Untuk itu bupati berharap agar instansi terkait dapat maksimal membimbing dan memberdayakan supaya program dapat terlaksana sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat saat ini.

Tanggapan positif masyarakat atas keberhasilan DMIJ, seperti disampaikan Kepala Desa Kualaselat, Kecamatan Kateman, baru-baru ini kepada wartawan. Dengan tegas dia mengatakan DMIJ wujud pemberdayaan masyarakat. "Alhamdulillah berkat DMIJ kita dapat memenuhi kebutuhan prioritas masyarakat," ujar dia. Dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, bahwa pembangunan dengan menunggu program pemerintah kabupaten.

Tidak jauh berbeda dengan desa lainnya di Inhil, selain operasional pemerintah desa anggaran DMIJ banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa, jerambah, jembatan, bahkan kantor desa. (adv/diskominfo/suf)

Kategori : Riau, Inhil, Umum, Pemerintahan
Tour de Siak 2018
wwwwww