PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018
Home > Berita > Inhil

PKK Sentral Membentuk Fondasi Bangsa, Ketua TP Inhil Hj Zulaikhah Wardan: Keluarga Pilar Utamanya

Senin, 30 Januari 2017 20:42 WIB
Muhammad Yusuf
pkk-sentral-membentuk-fondasi-bangsa-ketua-tp-inhil-hj-zulaikhah-wardan-keluarga-pilar-utamanyaKetua TP PKK Inhil TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan (paling kiri) bersama perangkat lainnya, dalam sebuah acara.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Gerak Pemberdayaan & Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan sentral dalam membentuk fondasi bangsa, karena sasaran program pokok PKK adalah keluarga. Oleh sebab itu, keluarga dapat disebut sebagai salah satu pilar utama bangsa.Pernyataan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikhah Wardan, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa kecamatan, belum lama ini. Menurut dia, semua tak terlepas melakukan pembinaan administrasi program PKK.

"Oleh karena itu pemberdayaan PKK harus melibatkan seluruh komponen," kata Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan.

Pada beberapa kali pertemuan Zulaikhah dengan kader-kader PKK, selalu membahas program unggulan PKK yang erat kaitannya dengan kesejahteraan kelompok keluarga. Terutama dalam membantu program pemerintah.

Ads
Dengan demikian, dia berharap seluruh jajaran TP PKK di semua jenjang agar segera membentuk dan menghidupkan kembali kelompok dasawisma dan posyandu. Sejalan dengan itu kader-kader PKK juga dapat menggalakan kembali penyuluhan-penyuluhan baik yang sifatnya umum, maupun khusus.

Kemudian, kata Ikhah, sapaan akarab Zulaikhah, PKK juga diminta untuk meningkatkan dan mengembakan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang merupakan program pemerintah melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). Program itu mewajibkan setiap desa untuk memiliki lembaga PAUD.

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan PAUD ini dapat diintegrasikan dengan kegiatan BKB dan Posyandu. Selanjutnya yang perlu diperhatikan peningkatan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK," sebutnya.

Ikha, demikian istri Bupati Inhil HM Wardan ini disapa, menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi maupun yang terwadahi dalam Dewan Pembina TP PKK.

Informasi garis besar tentang posisi dan peranan gerakan PKK seperti itu, sesungguhnya lanjut Ikha, sudah dapat menggambarkan betapa strategisnya fungsi TP PKK beserta kader-kader PKK yang tersebar diseluruh pelosok desa. PKK dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan.

“Bahkan kita dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat. Terhadap hal ini, ada faktor kunci agar PKK mentukseskan fungsinya secara optimal," uajrnya. (adv/diskominfo/suf)

Tour de Siak 2018
wwwwww