PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018
Home > Berita > Siak

Keren.... Bukan Hanya Mangrove Mengkapan Destinasi Wisata di Kabupaten Siak, Kini Sudah Ada Danau Naga Sakti Dosan bak ”Danau Tobanya” Provinsi Riau

Keren.... Bukan Hanya Mangrove Mengkapan Destinasi Wisata di Kabupaten Siak, Kini Sudah Ada Danau Naga Sakti Dosan bak ”Danau Tobanya” Provinsi Riau

Pengunjung lagi mendayung sampan di Danau tersebut. (foto: humas setdakab siak/sahril)

Senin, 30 Januari 2017 23:46 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Selama ini, masyarakat hanya terpukau melihat destinasi ekowisata mangrove yang terletak di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.Padahal, di sudut kabupaten Siak, masih ada tempat wisata nan indah yang selama ini tak pernah dipublikasikan. Bahkan, keindahan alam yang terletak di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak itu, bak ”Danau Tobanya” Provinsi Riau.

Senin (30/1/2017), Bupati Siak Syamsuar yang datang didampingi sejumlah pejabat ke lokasi itu, sangat terpukau melihat keindahan danau tersebut. Bahkan, dia takjub ketika melihat rindangnya pepohonan yang masih alami di pinggir danau yang memberikan kesan eksotis.

"Lokasi ke danau ini sangat mudah dijangkau. Air Danau Naga Sakti ini juga sangat aneh, warnanya seperti air teh, serta airnya hangat siang dan malam. Mungkin tidak ditemukan di daerah lain," tutur Agus, warga Kampung Dosan yang tinggal di sekitar Danau tersebut.

Ads
Sementara itu, di tempat yang sama, Bupati Siak Syamsuar juga berharap, walau belum dilakukan pembenahan di seputaran danau, setidaknya ia beserta pejabat yang datang ke lokasi itu sudah mengetahui keberadaan danau. Dan ini nantinya juga akan dipublikasikan ke tingkat daerah maupun tingkat nasional.

"Untuk itu nantinya saya ingin mengajak masyarakat membuat permainan tradisional agar dapat menghibur pengunjung yang datang ke danau ini. Bukan hanya itu saja, bisa saja nanti kita menabur benih ikan yang cocok dengan air danau ini, kalau nanti ikannya sudah besar-besar, bisa juga kita membuat lomba mancing ikan di danau ini," ucap Syamsuar, sambil terpukau melihat keindahan danau.

Sangking yakinnya potensi wisata danau itu bakalan maju, Pemkab Siak juga akan menyiapkan sarana dan prasarana seperti jalan, listrik, dan tempat parkir. Iya juga tidak menampik bahwa home stay bagi pengunjung yang ingin menginap karena ingin merasakan sensasi udara malam serta keindahan danau, bisa saja dibangun dimasa mendatang.

Di samping itu, ia juga tidak lupa berpesan, agar selalu menjaga keselamatan jika berkunjung ke lokasi tersebut. "Bagi pengunjung, jangan lupa mempersiapkan pelampung jika ingin naik sampan untuk menyusuri dan menikmati ke indahan alam danau ini," pesan Bupati Siak.

"Saya juga meminta kepada Penghulu Kampung (Kepala Desa) Dosan, agar mempersiapkan WC umum, musala, dan warung makan di seputaran danau. Tetapi, sampahnya jangan dibuang ke dalam danau," imbaunya.

Terkait keindahan danau itu, Penghulu Kampung Dosan Firdaus juga tidak menampik bahwa di hari libur sangat banyak pengunjung yang berhamburan datang ke tempat tersebut. Bahkan katanya, meski kawasan danau masuk di areal salah satu perusahan di daerah Kabupaten Siak, pihak perusahan tidak pernah menutup danau tersebut.

"Artinya pihak perusahaan bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun potensi wisata alam di daerah ini," ujar penghulu kampung, sambil tersenyum. ***

Kategori : Siak, Umum, Lingkungan
wwwwww