Buruh Medan Long March ke Jakarta Sudah Tiba di Riau, Tidur di Hutan Kawasan Baganbatu Rokan Hilir

Buruh Medan <i>Long March</i> ke Jakarta Sudah Tiba di Riau, Tidur di Hutan Kawasan Baganbatu Rokan Hilir

Buruh peserta aksi long march ke Jakarta istirahat melepas lelah. (foto: istimewa/pojoksatu.id)

Sabtu, 28 Januari 2017 12:36 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com - Setelah delapan hari long march (berjalan kaki), ratusan buruh PT Pelindo I Medan yang tergabung dalam Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejatera Indonesia (PK SBSI) Kopkarpel UPTK Belawan-Pelindo I dari Medan menuju Jakarta, sudah tiba di Provinsi Riau. Dua provinsi pun sudah dijelajahi. Jarak sepanjang 600 kilometer sejak berangkat dari Medan, Sumatera Utara, Jumat (20/1/2017), sudah terlampaui.

Dilansir potretnews.com dari laman pojoksatu.id, Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPC SBSI) Medan April Waruwu yang juga sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) aksi menjelaskan, sejak melewati Provinsi Sumatera Utara, para peserta berjalan kaki menyusuri hutan-hutan dan jalanan sepi.

“Sesekali beristirahat di bawah pepohonan, dan juga memasak di depan rumah warga setempat daerah hutan perkebunan, di daerah yang di lalui, sembari mengecek kondisi kesehatan masing-masing peserta,” tutur April Waruwu, Jumat (27/1/2017) malam.

Jelang sore hari, di hari ke delapan, para peserta aksi long march memasuki Kota Baganbatu, Provinsi Riau. April Waruwu mengatakan, sambutan warga dan turut mendukung perjuangan buruh membela dan memperjuangkan hak-haknya sangat antusias.

Bahkan, sejumlah tokoh masyarakat di daerah yang dilalui, turut memberikan dukungan moral, dan juga menyumbang logistik, seperti yang terjadi di Baganbatu.

“Kami disumbang sembako dan beras dua karung oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama yang merupakan pengurus mesjid di tempat ini,” ujarnya.

April menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua warga yang dilintasi, dan juga kepada para tokoh masyarakat setempat yang memberikan dukungan moril dan materil bagi perjuangan buruh.

Malam sebelumnya, terang dia, pada pukul 01.00 WIB dini hari, para peserta aksi menginap di Kantor Camat Cikampak, Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Siang hari, sesekali beristirahat di daerah hutan Baganbatu, Riau. Sembari memeriksa kondisi fisik dan kesehatan para peserta. Sejumlah peserta mengalami lecet di kaki selama melakukan aksi long march,” ujar April.

Sebelumnya, di hari ke tujuh, yakni Kamis 26 Januari 2017, para buruh PT Pelindo I Medan yang tergabung dalam aksi long march Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejatera Indonesia (PK SBSI) Kopkarpel UPTK Belawan-Pelindo I telah berlalu meninggalkan kawasan Provinsi Sumatera Utara menuju Provinsi Riau.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besaranya kepada semua pihak di Sumatera Utara yang telah membuka hati dan memberikan bantuan moril maupun materil bagi perjuangan buruh ini. Semoga bantuan yang telah diberikan mendapat balasan yang berlipat kali oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan, percayalah, tidak ada perbuatan baik yang akan menjadi sia-sia. Salam Solidaritas,” tutur April Waruwu.

Aksi long march buruh Medan dimulai sejak Jumat 20 Januari 2017. Mereka long march ke Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi dan jajaran pemerintah pusat untuk menuntut hak-hak mereka dipenuhi, menolak pengalihan buruh PT Pelindo I menjadi tenaga outsourcing. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Peristiwa, Umum, Riau, Rohil
wwwwww