Home > Berita > Riau

Hadiri Rakor di Istana Negara, Sekdakab Said Syarifuddin Tegaskan Inhil Harus Bebas Asap

Kamis, 26 Januari 2017 10:21 WIB
Advertorial
hadiri-rakor-di-istana-negara-sekdakab-said-syarifuddin-tegaskan-inhil-harus-bebas-asapSekdakab Inhil Said Syarifuddin (kiri) bersama Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK (paling kanan) di Istana Negara.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Mewakili Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Sekdakab H Said Syarifuddin menghadiri pengarahan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan pada Tahun 2017, Senin (23/1/17) di Istana Negara Jakarta. Sekda Inhil menyatakan komitmen Pemkab Inhil untuk membebaskan Inhil dari bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, diharapkan dukungan semua pihak, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah pertanian dan perkebunan.

”Alhamdulillah, tahun lalu kebakaran lahan dan hutan serta kabut asap jauh berkurang di Inhil, ini tentu saja karena semua bersinergi bekerja melakukan pencegahan dini,” kata sekda.

Diterangkan, bahwa sejak awal tahun pihak Pemkab Inhil telah berupaya mengantisipasi terjadinya karhutla. Pemerintah telah dan terus melakukan sosialisasi pentingnya pencegahan Karlahut kepada masyarakat.

Jika semua pihak komit dan bahu-membahu melakukan antisipasi, ia optimis target Riau bebas asap pada 2017 bisa tercapai. "Masyarakat harus menyadari bahwa membakar hutan terutama untuk membuka lahan sebenarnya sangat merugikan," ucap Said.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam pengarahan mengingatkan agar pada 2017 kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah harus diminimalisir. Upaya antisipasi, tegasnya, harus ditingkatkan. "Kita semuanya harus mengantisipasi, agar jangan sampai peristiwa kebakaran 2015 lalu terulang kembali," tegasnya.

Jokowi mengatakan, kebakaran lahan dan hutan di 2015 lalu menjadi pembelajaran berharga bagi pemerintah. Saat itu, dampak kebakaran tidak hanya menekan angka pertumbuhan ekonomi tapi juga mempengaruhi sektor penerbangan.

Dalam rakornas ini, sekda didampingi Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil H Yuspik SH. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww