PotretNews.com Senin 17 Desember 2018

Pemerintah Baru Temukan 39 Pelabuhan Tikus, Itu pun Cuma di 1 Provinsi

Pemerintah Baru Temukan 39 Pelabuhan Tikus, Itu pun Cuma di 1 Provinsi

Ilustrasi/Pelabuhan tikus.

Senin, 23 Januari 2017 12:53 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Pemerintah menemukan 39 pelabuhan tikus. Tapi temuan tersebut belum semua. Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri mengatakan, temuan tersebut baru di wilayah Kepulauan Riau saja.Di luar itu, kemungkinan besar keberadaan pelabuhan tikus ada lebih banyak lagi. Tjahjo mengatakan, pemerintah menengarai, pelabuhan- pelabuhan tikus tersebut telah menjadi tempat penyelundupan pakaian bekas dan narkotika serta obat- obatan terlarang.

Bukan hanya itu saja, pelabuhan- pelabuhan tersebut juga ditengarai pemerintah telah digunakan sebagai tempat penyelundupan senjata. "Masuknya warga negara asing secara ilegal, penyelundupan rokok, sembilan bahan pokok banyak yang melalui jalur tersebut," katanya pekan lalu, dikutip potretnews.com dari kontan.co.id.

Wiranto, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan mengatakan, pemerintah sampai saat ini masih memerlukan waktu untuk mempelajari segala bentuk kejahatan yang terjadi di titik rawan penyelundupan tersebut. "Modus, pihak yang terlibat, titiknya serta cara atasi masih dipelajari," katanya.

Ads
Sebagai catatan saja, pemberantasan kejahatan dan penyelundupan yang salah satunya marak di pelabuhan tikus menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Untuk melaksanakan upaya tersebut, Wiranto mengatakan, pemerintah akan membentuk satuan tugas pemberantasan penyelundupan.

Langkah tersebut diambil karena selama ini praktik kotor tersebut dianggap telah menimbulkan kerugian besar pada negara.

Wiranto berharap dengan upaya pemetaan yang saat ini sedang dilakukan pemerintah tersebut nantinya, upaya pemberantasan penyelundupan termasuk yang terjadi di pelabuhan tikus bisa dilakukan secara efektif. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Hukrim, Pemerintahan, Umum
wwwwww