Home > Berita > Siak

Bupati Syamsuar Mengaku Belum Puas dengan Pola Pembinaan Pemuda di Kabupaten Siak

Bupati Syamsuar Mengaku Belum Puas dengan Pola Pembinaan Pemuda di Kabupaten Siak

Bupati Siak Syamsuar, memberikan bendera karang taruna kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan, sebagai tanda dilantiknya 72 orang pengurus Karang Taruna priode 2016-2021. (foto: humas setdakab siak/sahril ramadana)

Minggu, 22 Januari 2017 20:18 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Sore tadi, sekira pukul 14.00 WIB, Bupati Siak Provinsi Riau Drs H Syamsuar MSi, melantik 72 orang pengurus Karang Taruna daerah setempat periode 2016-2021. Pelantikan itu digelar di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak Sri Indrapura, Minggu (22/1/2017).

Pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Siak Nomor 530/HK/KPTS/2016 tentang Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak Masa Bakti 2016-2021.

Keputusan itu dikeluarkan, karena menimbang kegiatan Temu Karya Daerah II Karang Taruna telah dilaksanakan pada Kamis, 12 November 2016 lalu.

Hal ini juga ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Temu Karya Daerah II Karang Taruna Kabupaten Siak Nomor: 05 KEP-04/TKD-III/KT/MRT/XI/2016 tentang Pemilihan Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021 juncto Surat Keputusan Tim Formatur Nomor : 06 KEP-05/TKD-III/KT/MRT/XI/2016 tentang Susunan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021.

"Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada pengurus yang baru. Mudah-mudahan Karang Taruna Siak mampu bersaing dan kreatif menciptakan usaha-usaha sendiri, seperti bertani, maupun berkaitan dengan usaha-usaha kreatif berwirausaha dengan kemampuan sendiri," ujar Syamsuar dalam sambutannya.

Pria yang juga menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Siak itu juga menyampaikan, untuk menampung aspirasi para pemuda, saat ini pemerintah daerah telah menyiapkan suatu lembaga yang dulunya menyatu dengan Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak, yang namanya Dinas Pemuda dan Olahraga.

”Hal utama yang kami ambil dari pembentukan dinas ini adalah memperhatikan para pemuda. Bahkan, konsep pembangunan mutu dinas ini ada dua. Yang pertama membangun pemuda, dan yang kedua membangunkan olahraganya," sebut Syamsuar.

Masih kata Bupati Siak, untuk hal pembinaan olahraga di Kabupaten Siak saat ini, sejatinya berjalan. Tetapi dia mengaku kurang puas terkait (pola) pembinaan pemuda di daerah berjuluk "Negeri Istana" tersebut.

”Kalau pembinaan olahraga di Siak memang tidak ’gaduh’ lagi, kita bahkan sudah siap bertanding dengan siapa saja. Bukan tanpa alasan, banyak prestasi nasional dan internasional yang kita torehkan selama ini. Tetapi, dalam hal pembinaan kepemudaan, saya belum puas, karena saya menginginkan pemuda di Siak mandiri," tutur Syamsuar.

Dengan mengharapkan dana dari pemerintah pusat yang tidak begitu banyak, Bupati Syamsuar berharap saat ini pemuda di Kabupaten Siak sudah dapat berusaha secara mandiri.

"Saat ini, banyak anak-anak daerah lain yang bisa mandiri, kenapa kita tidak bisa? Sekarang tergantung pada kemauan dan kemampuan kita. Kalau tak mampu, kan bisa belajar, kalau tak mau itu yang susah," ucapnya sambil tersenyum.

Terkait kemandirian itu, imbuh Syamsuar, sejatinya pemerintah daerah sudah menjajaki dengan badan ekonomi kreatif pemerintah pusat untuk melihat peluang usaha-usaha ekonomi kreatif di Siak.

"Dari yang kita lihat waktu itu, kita langsung membentuk fokus grup ekonomi kreatif. Saat ini di Siak, ada 16 subsektor berbagai usaha ekonomi kreatif. Yang paling banyak 5 subsektor. 5 tersebut saat ini barangkali menjadi fokus perhatian kita. Karena membangun sebuah daerah destinasi wisata tidak terlepas dari usaha ekonomi kreatif," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan menjelaskan, Karang Taruna merupakan tempat berkreativitas, dan tempat untuk membentuk generasi-generasi pemuda yang hebat.

Sedangkan, tujuan Karang Taruna adalah membentuk karakter jiwa yang unggul, membentuk individu yang berkreatif, dan membentuk pemuda yang inovatif.

"Salah satu tujuannya adalah bagaimana generasi muda mampu berkreatif, mampu membuaat inovatif, mampu memunculkan sesuatu gagasan baru dan ide-ide baru untuk memajukan pemuda-pemuda yang ada di kampung-kampung," ujarnya.

Maka dari itu kata Ikhsan, Karang Taruna Kabupaten Siak akan membuat kelompok usaha bersama.

"Kami ingin membuat sebuah gerakan bersama, seperti yang diinginkan pak bupati, bahwa pemuda-pemuda kita di kampung hari ini harus bisa berfikiran inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, kami berazam Karang Taruna kabupaten ini akan membentuk kelompok usaha bersama di masing-masing kecamatan minimal 1 dulu," tandasnya.

Ikhsan berpendapat, dengan kondisi keuangan daerah yang tidak memadai saat ini, salah satu wadah pemuda Siak tersebut tidak bisa berharap lebih dari pemerintah.

"Oleh karena itu, kita harus mampu berinovasi terutama kawan-kawan yang ada di kampung. Misalnya kita manfaatkan lahan yang ada di kampung untuk bercocok tanam, ini adalah bagian dari upaya kita memberdayakan dan membuat terobosan baru untuk menciptakan enterpreneurship pada kawawan-kawan karang taruna yang ada di tingkat kampung-kampung," ujarnya.

Pelantikan ini juga dihadiri Ketua I Karang Taruna Provinsi Riau Andi Kasman, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan yang juga sebagai Ketua Demisioner Karang Taruna Kabupaten Siak, Ketua Panitia Beri Samudra, unsur Forkopimda Kabupaten Siak, dan lain-lain. ***

Kategori : Siak, Umum, Pemerintahan
wwwwww