PotretNews.com Kamis 22 November 2018
Home > Berita > Inhil

Bupati Inhil: Pusdatin Puanri Harus Dapat Memainkan Peranan Penting

Kamis, 19 Januari 2017 09:39 WIB
Advertorial
bupati-inhil-pusdatin-puanri-harus-dapat-memainkan-peranan-pentingBupati Indragiri Hilir HM Wardan dan Ketua Pusdatin Puanri Inhil Zulaikhah Wardan meniup lilin kue ulang tahun organisasi itu, Rabu (18/1/2017).

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau (Pusdatin Puanri) harus dapat memainkan peranan penting terutama dalam menghimpun serta menyajikan data dan informasi mengenai kaum perempuan yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini dari berbagai aspek kehidupan.

"Aspek pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, budaya, maupun aspek-aspek lainnya, karena data dan informasi tersebut sangat penting sekaligus diharapkan dapat membantu kita dalam upaya meningkatkan sumber daya perempuan dan peran serta kaum perempuan dalam membangun daerah," kata Bupati HM Wardan saat menyampaikan sambutan pada Milad ke-3 Pusdatin Puanri Provinsi Riau Cabang Inhil, Rabu (18/1/2017).

Sempena hari lahirnya, pada hari yang sama, juga diluncurkan Buku Profil Perempuan Legislatif dan Pimpinan SKPD Inhil oleh Ketua Pusdatin Puanri Inhil Zulaikhah Wardan. "Kiprah kaum perempuan dalam pembangunan sangatlah diperlukan. Untuk itulah kaum perempuan hendaknya mengambil peran strategis dalam proses pembangunan, sehingga kaum perempuan mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia yang mulia," kata Zulaikhah Wardan.

Dengan keterlibatan kaum perempuan, maka kepentingan kaum perempuan akan lebih terwakili, dan lebih dari itu, kebijakan-kebijakan yang muncul akan mencerminkan suatu kebijakan yang berorientasi pada kesetaraan dan keadilan gender.

Ads
Pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Pusdatin Puanri bertema "Dengan Pengelolaan Data Perempuan, Kita Tingkatkan Sumberdaya Perempuan” digelar di Gedung Engku Kelana Kota Tembilahan dan turut dihadiri oleh unsur forkompimda, ketua dan anggota organisasi wanita.

Selain meluncurkan buku profil, kegiatan juga dirangkai dengan penampilan fashion show daur ulang dari berbagai bahan mulai dari plastik, kertas koran, sisa-sisa potongan kain atau perca, serta anyaman sabut kelapa yang dikombinasi dengan kain batik yang ditampilkan oleh peragawati cilik dan selanjutnya ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng.

Peluncuran buku ini merupakan salah satu prestasi dan kinerja Pusdatin Puanri Cabang Inhil yang berisikan tentang sosok perempuan-perempuan Inhil yang berkiprah dalam dunia pemerintahan baik legislatif maupun eksekutif, yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan di kabupaten Inhil disamping berbagai kegiatan lainnya yang telah dilakukan selama kurun waktu tiga tahun.

"Saya berharap buku ini selain dapat menambah wawasan bagi siapa saja yang membacanya, juga dapat memberikan motivasi dan inspirasi terutama bagi perempuan inhil melalui profil sosok perempuan-perempuan yang telah berhasil berkiprah khususnya dalam dunia pemerintahan serta berperan dan berkontribusi dalam pembangunan," ujarnya.

Pusdatin Puanri Cabang Inhil selama tiga tahun terakhir telah melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya melakukan Peluncuran Buku Profil Istri Bupati dari Masa ke Masa, dengan judul Seribu Ketulusan Perempuan untuk Negeri Seribu Parit nan Rupawan pada Milad ke-1 Pusdatin Puanri 5 Februari 2015, dan Peluncuran Buku Penjaringan Perempuan-perempuan Berprestasi di Kabupaten Inhil dan telah berjasa pada masing-masing bidang tugasnya, yang berjudul Perempuan Menyemai Kasih untuk Negeri Gemilang tepat pada ulang tahun ke-2 Pusdatin Puanri pada 12 Januari 2016 dan terakhir Buku Profil Perempuan Legislatif dan Pimpinan SKPD Inhil.

"Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh perempuan-perempuan hebat namun tetap bersahaja yaitu perempun legislatif sebanyak 39 orang dan untuk perempuan yang menduduki jabatan sebagai kepala SKPD atau yang sederajat sebanyak enam orang, yang menjadi narasumber penyusunan buku ini, yang telah berkenan meluangkan waktu serta memberikan informasi sesuai yang diharapkan, serta kepada tim penyusun dan penyunting yang telah melakukan kajian dan pengumpulan data, sehingga penyusunan buku ini dapat diselesaikan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Wardan atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menyampaikan selamat hari jadi dan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pusdatin Puanri Cabang Indragiri Hilir yang telah berkomitmen dan berupaya dalam meningkatkan sumber daya dan kualitas hidup perempuan Inhil. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww