PotretNews.com Rabu 19 Desember 2018

RSPO Dorong Perusahaan Sawit di Riau Miliki Sertifikat Berkelanjutan

RSPO Dorong Perusahaan Sawit di Riau Miliki Sertifikat Berkelanjutan

Ilustrasi.

Rabu, 18 Januari 2017 07:08 WIB
Muhamad Maulana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dalam upaya mengimplementasikan standar global produksi minyak sawit berkelanjutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) menggelar sosialisasi kepada sejumlah pihak terkait di Riau bertempat di salah satu hotel di Pekanbaru, Selasa (17/1/2017) pagi hingga siang.Pada sosialisasi itu, RSPO menyatakan komitmennya mendorong agar perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan juga petani-petani sawit untuk bersertifikat, sehingga produksi perkebunan kelapa sawit atau palm oil, berkelanjutan (sustainable). Dengan begitu diharapkan dapat berproduksi dengan standar internasional, seperti yang mengacu kepada sertifkasi RSPO atau pun ISPO.

Direktur RSPO Indonesia Tiur Rumondang menguraikan beberapa standar yang ditetapkan RSPO di antaranya adalah, transparansi, kemudian komitmen terhadap kepatuhan aturan di daerah mana perusahaan berdiri, selanjutnya kemampuan ekonomis untuk terus berdiri.

“Standar lainnya yang ditetapkan adalah, memilih bibit yang berserifikat, pengelolaan lingkungan, kemudian sosial, bagaimana mereka berinteraksi kepada masyarakat, selanjutnya, perusahaan yang mau buka lahan harus pastikan semuanya bisa dibuka, ketika dia bersertifikat sekarang, maka selanjutnya akan terus diawasi,” ujar Tiur. ***

wwwwww