Home > Berita > Riau

Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat dan Aktifkan Posko Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan

Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat dan Aktifkan Posko Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan

Ilustrasi.

Sabtu, 14 Januari 2017 09:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kemungkinan segera menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Langkah ini menyusul terjadi kebakaran hutan dan lahan diberbagai daerah dalam beberapa hari belakangan. "Penetapan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan akan diberlakukan jika daerah tingkat dua terlebih dahulu menetapkan siaga," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Riau Edwar Sanger, Jumat (13/1/2017) malam, dikutip potretnews.com dari okezone.com.

Jika ada penetapan di daerah, kata dia, maka Pemprov Riau segera menetapkan status dan mengaktifkan kembali posko penanggulangan bencana kebakaran yang sebelumnya telah dibubarkan itu.

Keputusan tersebut setelah pihak Pemprov Riau melakukan rapat kordinasi dengan TNI AD yang dihadiri Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen Nurendi, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mersekal Pertama Henri Alfiani serta unsur dari kejaksaan.

Dalam rapat koordinasi itu juga dibahas tentang rencana Pemprov Riau meminta bantuan helikopter untuk water bombing (bom air) ke pemerintah pusat dalam menangani kebakaran.

"Jika sudah penetapan kita tinggal mengajukan helikopter, karena memang itu aturannya," ucap Plt Wali Kota Pekanbaru. Pemerintah Provinsi Riau juga sudah bertekat untuk tahun ini akan mengantisipasi lebih dini kebakaran hutan agar daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning bebas asap.

Sementara itu Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Henri Alfiandi menjelaskan dalam kebakaran hutan dan lahan pihaknya sudah mengantisipasi lebih awal. "Dalam beberapa hari ini kita sudah mengerahkan heli Super Puma dan pesawat tempur untuk memantau kebakaran," ujar. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww