PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018
Home > Berita > Siak

Mengintip Aktivitas Warga di Water Front City atau Turap Singapore Kota Siak Sri Indrapura

Mengintip Aktivitas Warga di <i>Water Front City</i> atau Turap Singapore Kota Siak Sri Indrapura

Aktivitas warga Siak di Turap Singapore Kota Siak Sri Indrapura. (potretnews.com/sahril)

Sabtu, 14 Januari 2017 15:43 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Keindahan Kota Siak Sri Indrapura menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Provinsi Riau. Terbukti, daerah yang letaknya sekira 100 km arah timur dari Pekanbaru itu menjadi salah tempat favorit menghabiskan waktu di hari libur. Wisatawan dari Pekanbaru dan dari daerah lain pun berbondong-bondong membawa keluarganya refleksi sejenak di sejumlah tempat wisata nan Islami di daerah ini.Selain mudah dijangkau lewat jalur darat dengan jalan yang mulus, ke kota ini juga bisa ditempuh mengunakan transportasi air melintasi aliran Sungai Siak. Hanya saja melalui jalur air ini sangat terbatas.

Sebelum memasuki kota Siak, mengunakan jalur darat, para wisatawan disuguhkan pemandangan jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau lebih familiar disebut sebagai Jembatan Siak yang membentang dengan arsitektur nan indah.

Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit ialah water front city atau yang sering disebut masyarakat Siak Turap Singapore. Turap yang membentang di pinggir sungai Siak itu menjadi salah satu wisata andalan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak untuk menarik sejumlah wisatawan berkunjung ke daerah berjuluk "Negeri Istana" tersebut.

Ads
Selain disuguhkan pemandangan sungai Siak nan bersih, di turap ini, para wisatawan juga disuguhkan pemandangan China Town atau sering disebut Kampung Cina yang terletak di depan Turap itu. Di sana terdapat kelenteng yang berdiri indah dan kokoh.

Bukan hanya tepat wisata, Turap Singapore Siak ini juga dimanfaatkan warga Siak untuk beraktifitas sehari-hari. Seperti Tim Barongsai Haock Siu Kiong Siak, yang memanfaatkan Turap ini sebagai tempat latihan mereka.

"Sangat beda latihan di turap dengan di depan Kelenteng. Suasananya juga sangat bagus di turap ini. Apalagi, kita bisa menikmati pemandangan sungai Siak nan indah," sebut Seteven Chang (26), pelatih Tim Barongsai Haock Siu Kiong kepada potretnews.com saat mengelar latihan di Turap Singapore Kota Siak Sri Indrapura, belum lama ini.

Di tempat yang sama, hal senada juga disampaikan salah seorang senior di Tim Barongsai itu bernama Syuandre (23), ia mengatakan setiap hari dirinya dan 40 orang anggota tim mengadakan latihan di Turap tersebut.

"Dulu kita memang mengelar latihan di depan Kelenteng (Benteng) Haock Siu Kiong yang terletak di depan turap. Tetapi, setelah dibangun turap ini, kita memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berlatih. Bedanya Turap ini dengan Kelenteng, karena Turap lebih nyaman dan lebih menarik. Apalagi tempatnya juga sangat bersih. Setiap hari kita mengelar latihan di tempat ini, mulai dari pukul 16.30 WIB, hingga pukul 19.00 WIB," ujarnya. ***

Kategori : Siak, Umum, Lingkungan
wwwwww