PotretNews.com Jum'at 21 September 2018
Home > Berita > Riau

Kapolda Riau Irjen Zulkarnain Janji Sikat Habis Pembakar Hutan Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan

Kapolda Riau Irjen Zulkarnain Janji Sikat Habis Pembakar Hutan Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan

Foto udara dari helikopter Super Puma yang diambil Kamis (12/1/2017). (foto: goriau.com)

Jum'at, 13 Januari 2017 15:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indones Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara berjanji bakal menyikat habis para pelaku pembakar lahan, yang belakangan muncul lagi, terutama di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan.Sikap itu ditegaskan langsung oleh jenderal bintang dua tersebut, usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017, di Kantor Gubernur Riau, Jumat (13/1/2017) siang.

Langkah tegas ini menyikapi masih adanya pembakar lahan yang diam-diam beraktivitas membuka lahan di TNTN. Itu terungkap setelah tim patroli udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menemukan indikasi ini beberapa hari lalu.

"Memang kalau dari darat kita mengalami keterbatasan, akses sullit dan jauh ke dalam (area hutan), namun tetap kita maksimalkan. Kita sikatlah pokoknya itu (Pembakar lahan)," ucap Irjen Zulkarnain, dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Ads
Selain itu, kepolisian selaku penegak hukum terkait kebakaran hutan dan lahan sekarang ini juga konsen untuk bersama-sama mencegah agar bencana asap tak muncul di tahun 2017, dan masyarakat Riau bebas dari polusi akibat paparan karhutla.

"Rakor ini termasuk salah satunya upaya bersama kita membahas dan memikirkan bagaimana Riau bebas asap 2017. Ini sinergitas seluruh instansi, mulai dari SKPD, TNI dan Polri. Misi kita bersama adalah Riau bebas asap 2017," ucapnya.

Tidak hanya pembakaran lahan, Kapolda Riau juga sempat menyinggung terkait aktivitas ilegal logging yang ditenggarai masih berlangsung sampai sekarang. "Itu juga, kita akan sikat," tandas Kapolda Riau.

Sebelumnya, helikopter Super Puma TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru berhasil memotret adanya aktivitas pembakaran lahan di dalam area TNTN, Pelalawan. Bahkan ditemukan pula gubuk, tak jauh dari lahan yang membara tersebut. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Umum, Lingkungan, Hukrim
Tour de Siak 2018
wwwwww