PotretNews.com Senin 10 Desember 2018
Home > Berita > Inhu

Ini Pemicu Gempa 5,3 Skala Richter di Kabupaten Rokan Hulu Riau Hasil Analisis BMKG

Ini Pemicu Gempa 5,3 Skala Richter di Kabupaten Rokan Hulu Riau Hasil Analisis BMKG

Titik gempa yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Jumat sore.

Jum'at, 13 Januari 2017 18:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (13/1/2017) merilis penyebab gempa yang mengguncang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pukul 16.23 WIB tadi.

BERITA TERKAIT:

. Kabupaten Rokan Hulu Riau Diguncang Gempa 5,3 Skala Richter

Ads
Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sugarin dikutip potretnews.com dari GoRiau.com mengatakan, gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter ini diakibatkan terjadinya subduksi lempeng. Tidak ada dampak atas bencana alam itu.

Subduksi merupakan zona yang terdapat pada batas antar lempeng yang bersifat konvergen. Akibat perbedaan massa jenis antara kedua jenis lempeng tersebut, maka lempeng yang lebih besar massa jenisnya menunjam ke bawah lempeng lainnya (Sumber Wikipedia, red).

"Gempa ini subduksi lempengnya Indoaustralia dan Eurasia," beber Sugarin, Jumat sore. Gempa yang terjadi di kedalaman 228 kilometer tersebut melanda Rokan Hulu, persisnya di 0.76 Lintang Utara dan 100.43 Bujur Timur, atau sebelah Utara Pulau Sumatera.

Lokasi ini sekitar 31 kilometer Baratdaya Rokan Hullu, 66 kilometer Timur Laut Pasaman Sumatera Barat, 77 kilometer Barat Laut Limapuluh Kota dan 116 kilometer Barat Laut Kota Pekanbaru. "Tidak berpotensi Tsunami," ujar Sugarin. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Inhu, Umum, Peristiwa
wwwwww