PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Menteri LHK Siti Nurbaya Bilang Restorasi Lahan Gambut Selamatkan Objek Vital

Menteri LHK Siti Nurbaya Bilang Restorasi Lahan Gambut Selamatkan Objek Vital

Menteri LHK Dr Siti Nurbaya MSc mendampingi Presiden Jokowi meninjau lahan gambut, beberapa waktu lalu.

Kamis, 12 Januari 2017 13:56 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menilai restorasi lahan gambut bisa menyelamatkan objek vital.Dikutip potretnews.com dari tempo.co, Menteri‎ Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan lahan gambut yang tidak terawat bisa kering. Dampaknya saat musim kemarau bisa menyebabkan kebakaran hutan.

"Kalau terbakar bisa berdampak pada objek vital seperti bandara, dengan restorasi hal tersebut bisa dicegah," kata Siti usai rapat ‎koordinasi terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (11/1/2017).

Dia menambahkan sejak 2 Januari 2017 sudah ada titik api yang terdeteksi dan kejadian kebakaran. Sebagian lahan di Siak, Pekanbaru, perbatasan Riau-Sumatera Barat, Pontianak‎, dan Ketapang telah terbakar.

Ads
Kebakaran tersebut, lanjutnya, telah dipadamkan. Berdasarkan pemantauan, kondisi kedalaman air pada lahan gambut sudah melebihi 50 cm, sedangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 57/2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut, hanya diatur maksimal 40 cm.‎

Pihaknya berpendapat kondisi lahan gambut mempunyai korelasi erat dengan kemungkinan terjadinya kebakaran hutan.‎ Sepanjang 2015 sebanyak 891.000 hektar lahan gambut telah terbakar, jumlah tersebut berkurang menjadi 97.000 hektar pada 2016.‎

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww