Home > Berita > Riau

Dibuka Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Festival Equator di Kampar Berlangsung Meriah! Inilah Rekaman Lensanya

Rabu, 21 Desember 2016 06:26 WIB
dibuka-gubernur-riau-arsyadjuliandi-rachman-festival-equator-di-kampar-berlangsung-meriah-inilahGubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan isteri foto bersama di Tugu Equator di Lipatkain Kabupaten Kampar, Minggu (18/12/2016).
LIPATKAIN, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA menghadiri Upacara Adat Suku Kenegerian Lipatkain, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, yang dibalut ke dalam Equator Festival 2016, Minggu (18/12/2016). Pada kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Andi Rachman itu pun disematkan gelar adat kehormatan yaitu Datuk Paduko Diraja, yang diberikan oleh sembilan suku Kenegerian Lipatkain, Kampar. Selama acara yang berlangsung meriah itu, gubernur didampingi isteri Ny Sisilita Arsyadjuliandi Rachman, dan Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi beserta isteri.

Andi Rachman yang sudah ditunggu di dalam balai adat oleh pemuka adat atau dalam bahasa setempat disebut ninik mamak, diberikan gelar adat ditandai dengan pemakaian peci yang berlilitkan kain hitam yang disebut ”leterw” oleh masyarakat setempat.

Usai acara pemberian gelar selesai, gubernur langsung berkeliling menaiki becak hias dan mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Lipatkain. Dari tujuh destinasi wisata yang terintegrasi, Andi Rachman dan Sisilita hanya mengunjungi empat destinasi yang ada.

Pada saat itu, gubernur yang juga didampingi istrinya langsung meninjau stan-stan yang ada di halaman balai adat tersebut. Dan yang tak kalah unik, masih bersama sang istri, Anri berbaur dengan warga turut serta mengacau galamai.

''Galamai adalah kuliner khas daerah yang rasanya juga unik. Nah, tadi pada saat acara ternyata saya penasaran, ikut serta dalam membuat galamai itu,'' katanya. Setelah meninjau stan, gubernur beserta rombongan langsung menuju balai adat yang sudah ditunggu para datuk dari sembilan suku Kenegerian Lipatkain.

Inilah rekaman lensa Festival Equator 2016 di Kabupaten Kampar yang dibuka Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman:

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_kcpzw_716.jpg
Gubernur Riau dan istri Ny Sisilita Arsyadjuliandi Rachman didampingi Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi disambut dengan atraksi pencak silat setibanya di tempat acara Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_ttnzb_717.jpg
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan sambutan pada Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_gdmyq_719.jpg
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi masing-masing beserta istri memberi applaus pada Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_8uuj5_720.jpg
Gubernur Riau dan istri Ny Sisilita Arsyadjuliandi Rachman melihat gerabah tempat air kuno saat menghadiri Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_ywfrn_721.jpg
Gubernur Riau dan istri Ny Sisilita Arsyadjuliandi Rachman meninjau bazar Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_jc5ct_722.jpg
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi melihat madu sialang pada Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_qpbb3_723.jpg
Gubernur Riau dan istri Ny Sisilita Arsyadjuliandi Rachman memasak gelamai pada Festival Equator 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23122016/potretnewscom_8epvb_724.jpg
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi foto bersama di lokomotif saat menghadiri Festival Equator Tahun 2016 di Lipatkain, Kabupaten Kampar.

Editor:
Redaksi potretnews.com

Foto-foto:
Biro Humas Setdaprov Riau

wwwwww