PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Riau

490 Hektar Lahan Milik TNI AD di Desa Bencahkelubi Kampar Dikuasai Masyarakat

490 Hektar Lahan Milik TNI AD di Desa Bencahkelubi Kampar Dikuasai Masyarakat

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung memberikan arahan saat tinjau lahan di Kampar, Riau, Selasa (13/12/2016). (foto: tribunpekanbaru.com)

Rabu, 14 Desember 2016 10:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebanyak 490 hektar dari 1.190 hektar lahan milik TNI AD di Desa Bencahkelubi, Kabupaten Kampar, Riau saat ini dikuasai masyarakat. Kenyataan itu terungkap saat Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan untuk latihan prajurit, Selasa (13/12/2016).Selain untuk latihan prajurit lahan tersebut juga bisa dimanfaatkan satuan lain seperti kepolisian, Satpol PP, damkar, Pramuka serta masyarakat umum untuk outbond.

Menanggapi kondisi lahan yang terus berkurang, pangdam berharap pemerintah daerah melakukan pendataan untuk memastikan mana yang menjadi milik negara. "Dilakukan pengecekan untuk mengetahui keabsahan lahan agar diketahui mana yang menjadi lahan milik negara," kata pangdam seperti dikutip potretnews.com dari tribunpekanbaru.com.

Terkait harapan tersebut, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang ikut dalam peninjauan tersebut mengatakan akan segera melakukan pendataan lahan yang milik masyarakat. Menurut Gubernur perlu dipastikan keabsahan kepemilikan agar masyarakat tidak menyerobot lahan milik negara.

Ads
Selain memastikan kepemilikan lahan, Gubernur menambahkan bahwa pemerintah daerah nantinya akan membantu anggatan untuk pembangunan fasilitas di lokasi tersebut.

Dalam rencananya uang sebesar Rp 6 miliar akan digelontorkan untuk pembangunan kawasan militer tersebut. Di atas lahan nantinya akan dibangun daerah lahan pertanian seperti swasembada pangan, pohon-pohon yang bermanfaat seperti durian, rambutan, matoa dan pohon lainnya yang bermanfaat. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Kampar, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww