Home > Berita > Inhil

Pejabat Kementerian Desa Turun ke Desa Ara Inhil, Serahkan Bantuan Alat Pengolah Kelapa

Kamis, 08 Desember 2016 09:25 WIB
Advertorial
pejabat-kementerian-desa-turun-ke-desa-ara-inhil-serahkan-bantuan-alat-pengolah-kelapaDirektur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi MEng menyerahkan bantuan alat pengolah kelapa terpadu kepada Kepala Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas Muhammad Fauzi.
KEMPAS, POTRETNEWS.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memberikan bantuan berupa peralatan pengolahan kelapa terpadu oleh kepada Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas Kabupaten Inhil, di halaman PAUD Mutiara Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas Rabu (7/12/2016). Pada acara penyerahan bantuan ini dihadiri Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau yang diwakili Asisten II Setda Inhil Drs Rudiansyah, Direktur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi MEng, Kepala BPMPD dan beberapa pejabat eselon serta Camat Kempas di lingkungan pemkab.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima peralatan pengolahan kelapa terpadu oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang diwakili Direktur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi MEng kepada Kepala Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas Muhammad Fauzi yang disaksikan bupati yang diwakili Asisten II dan Kepala BPMPD.

Usai serah terima peralatan pengolahan kelapa terpadu dilanjutkan dengan pengguntingan pita tanda dimulainya peresmian Unit Pengelolaan Kepala Terpadu BUMDes Sumber Rezeki oleh Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI yang di wakili Direktur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi MEng yang di dampingi Asisten II Setda Inhil, Camat Kempas dan Kepala Desa Sunga Ara.

Asisten II Setda Inhil Rudiansyah yang diwawancarai awak media usai peresmian unit pengelolaan kepala terpadu mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Inhil merupakan penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

Dia mengharapkan dengan adanya peralatan ini khususnya masyarakat yang ada di Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas dan Kabupaten Inhil pada umumnya bagaimana memanfaatkan kelapa ini bisa bernilai tambah dan masyarakat bisa belajar menggunakan alat ini sehingga perekonomian masyarakat meningkat.

Sementara itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang diwakili Direktur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi MEng mengatakan, salah satu tugas dari kementerian ini adalah melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Salah satunya berupa bantuan peralatan pengelolaan kelapa terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Kabupaten Inhil pada umumnya dan Desa Sungi Ara khususnya karena peralatan ini sebetulnya bisa meng-cover bahan baku berupa kelapa yang ada di sekitar Desa Sungai Ara ini," katanya.

Menurut dia, bantuan peralatan pengolahan kelapa terpadu ini bisa menghasilkan beberapa turunan dari kelapa berupa produk PCO, minyak kelapa, asap cair, sabut kelapa dan produk-produk yang berbahan sabut kelapa.

"Kami akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat baik dari segi produksinya maupun pemasarannya melalui BLK Provinsi Riau," imbuhnya.

Kepala BPMD Inhil yang turut menghadiri penyerahan peralatan pengolahan kelapa terpadu mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi atas bantuan yang diberikan sesuai dengan harapan masyarakat dan saat ini kelapa dijual dalam bentuk kelapa bulat dan kopra.

Dia meminta kepada pihak Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi RI agar tidak hanya Desa Sungai Ara yang dibantu tetapi banyak desa-desa di Kabupaten Inhil ini yang masih memerlukan bantuan ini. Karena, kita ketahui wilayah Kabupaten Inhil memiliki potensi kelapa yang sangat besar sesuai dengan apa yang di katakan Bupati bahwa Inhil merupakan hamparan kelapa dunia. (adv/pemkab/suf)

Kategori : Inhil, Umum, Pemerintahan
wwwwww