PotretNews.com Rabu 26 September 2018

Penjara Peninggalan Belanda di Pulau Bengkalis akan Dijadikan Museum Sejarah Provinsi Riau

Penjara Peninggalan Belanda di Pulau Bengkalis akan Dijadikan Museum Sejarah Provinsi Riau

Penjara peninggalan Belanda yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Bengkalis.

Sabtu, 03 Desember 2016 09:09 WIB
Mukhlis Wijaya
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Penjara peninggalan Belanda yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Bengkalis, akan dijadikan museum sejarah tingkat Provinsi Riau. Saat ini bangunan tersebut dilakukan pemugaran oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.Rencananya, tahun 2017 mendatang keseluruh bangunan penjara rampung dikerjakan. Demikian disampaikan Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Provinsi Riau, Darliana saat meninjau pelaksanaan pemugaran penjara, Kamis (1/12/2016).

Menurut dia, sesuai Undang-undang Cagar Budaya, dalam penetapan museum sejarah ada 2 faktor yang diperhatikan, yakni pelestarian dan pemanfaatan.

"Jadi dalam pelestarian ini sudah terlaksana seperti pemugaran (pengerjaan pembangunan) yang dilaksanakan saat ini. Dari segi pemanfaatannya setelah dibangun, kedepan kita merencanakan akan menjadikan penjara ini meseum sejarah tematik," tuturnya.

Ads
Dijelaskan Darliana, pemugaran yang dilakukan sudah memasuki tahap kedua dan ditargetkan secara keseluruhan akan selesai pada tahun 2017.

"Cagar budaya ini akan di-SK-kan oleh bupati. Nantinya museum ini akan menjadi museum tingkat Provinsi Riau. Meski museumnya tingkat Provinsi Riau, pengelolaannya tetap di daerah," ujarnya sembari menyampaikan Bengkalis sangat kaya akan sejarah.

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww