Tahun 2017, PLTU Parit 23 Tembilahan Beroperasi

Tahun 2017, PLTU Parit 23 Tembilahan Beroperasi

Ilustrasi. (foto: internet)

Selasa, 22 November 2016 12:50 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Parit 23 Tembilahan direncanakan selesai pada Maret 2017. Jadi, pada pertengahan tahun 2017 PLTU akan mengalirkan listrik kepada masyarakat. Saat ini keoptimisan ditunjukkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Tembilahan yang nantinya akan menjadi pihak yang mengaliri daya PLTU kepada masyarakat, menurut pihak PLN Cabang Tembilahan.

Percepatan pembangunan sudah dilakukan dengan kondisi progres mencapai 85 persen. Untuk itu PLN optimis proyek dapat selesai dan fungsikan pada pertengahan tahun 2017.

“Progres terus berjalan, dengan daya 2 x 7 MW selain untuk wilayah Tembilahan sendiri, juga akan memperkuat sistem di Kecamatan Batang Tuaka dan Gaung Anak Serka (GAS),” kata Manager PLN Tembilahan Syaiful Hanan, Senin (21/11/2016).

Progres yang dikatakan Syaiful juga dibenarkan oleh pihak pelaksana proyek PLTU Tembilahan dalam hal ini PT Adhi Karya. Melalui Kepala Bagian Umum PT Adhi Karya di lokasi pekerjaan proyek PLTU, Surya menjelaskan, saat ini progres pekerjaan memasuki tahap persiapan hydro test untuk unit 2, setelah sebelumnya sukses melaksanakan uji coba unit satu pada 15 november 2016 lalu dan untuk persentase pekerjaan saat ini sudah mencapai 85 persen.

”Kemarin mengundang pengawas untuk uji coba travo masuk ke jaringan satu unit turbin dan berjalan sukses. Pada awal desember ini rencananya akan dilaksankan hydro test jilid 2,” papar Surya.

Dengan begitu, berdasarkan analisa teknis pihaknya, Surya optimis proyek dapat selesai pada pertengahan tahun 2017. ”Analisa kami Maret jika berjalan lancar, namun itu tidak terhitung kendala pasang surut akibat curah hujan, kalau memasukkan analisa itu bisa jadi April baru selesai,” ujarnya, sembari menyebut sebelum menyerahkan kepada pihak PLN, pihaknya akan melakukan sertifikasi dahulu.

Surya juga mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau yang telah memberikan dukungan untuk proyek yang sudah sangat dinanti masyarakat Inhil ini. ***

Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhil
wwwwww