PotretNews.com Senin 24 September 2018
Home > Berita > Inhil

Potensi Laut Menjanjikan, tapi Inhil Belum Punya Pelabuhan Perikanan

Potensi Laut Menjanjikan, tapi Inhil Belum Punya Pelabuhan Perikanan

Kampung nelayan laut Indragiri Hilir. (foto: masweka.com)

Selasa, 01 November 2016 08:15 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Meski memiliki potensi laut sangat tinggi yakni 109,212 ton dengan pemanfaatan 40,26 persen per tahunnya, namun Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau hingga saat ini belum memiliki pelabuhan perikanan."Untuk mengatasi hal itu, kami sudah mengajukan permohonan pembangunan pelabuhan ke Kementerian Kelautan, tetapi sampai saat ini belum ada kejelasan," kata Kasi Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Indragiri Hilir, Syamsuria. Senin (31/10/2016).

SIMAK:

. Mulai Februari 2017, Hanya Media Massa Terverifikasi Dewan Pers yang Boleh Meliput

Ads
Dia mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan untuk pembangunan pelabuhan di enam titik daerah penghasil perikanan Indragiri Hilir. "Enam titik pembangunan pelabuhan di sentra perikanan seperti Tembilahan, Kecamatan Mandah, Tanahmerah, Concong, Kateman dan Kecamatan Reteh," jelasnya.

Syamsuria menjelaskan bahwa pembangunan pelabuhan di Indragiri Hilir terkendala oleh besarnya biaya untuk membangun pelabuhan. "Jika pembangunan pelabuhan menggunakan dana APBD kabupaten akan menyerap anggaran belanja yang besar," paparnya.

Menurut dia, Indragiri Hilir yang merupakan salah satu wilayah pesisir sangat membutuhkan pelabuhan karena pelabuhan juga dapat mendorong investasi dalam bidang perikanan. "Selain itu dapat juga sebagai pusat produksi dan pengolahan dalam upaya pengembangan ekonomi perikanan," katanya.

Kementerian Kelautan diharapkan dapat segera menindaklanjuti permohonan pembangunan pelabuhan di Kabupaten Indragiri Hilir. "Semua itu demi kelancaran kegiatan ekonomi perikanan," ujarnya. ***

Kategori : Inhil, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww