Home > Berita > Inhil

Jaga Konsistensi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi, BP3AKB Inhil Kembangkan Usaha Kerupuk dan Kerajinan Bordir

Jaga Konsistensi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi, BP3AKB Inhil Kembangkan Usaha Kerupuk dan Kerajinan Bordir

Ilustrasi/Kerajinan bordir.

Rabu, 12 Oktober 2016 09:47 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau terus menjaga konsistensi dalam hal pengarusutamaan gender di bidang ekonomi. Hal itu dapat dilihat dengan dibentuknya beberapa kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di desa/kelurahan se-Kabupaten Inhil.

"Pembentukan UP2K ini bertujuan sebagai upaya dalam menunjang perekonomian keluarga. Kelompok-kelompok (UP2K) terdiri dari para kaum ibu," Kepala BP3AKB Kabupaten Inhil R Rida Indaryanti melalui Sekretaris Ir Afriani belum lama ini.

Afriani mengatakan, bentuk usaha yang akan dikelola para kaum ibu ini nantinya akan berbasis industri rumahan.

"Saat ini, kami tengah melakukan pembinaan terhadap kelompok UP2K, sebelum mereka melakukan aktivitas usaha, seperti membordir, membuat kerupuk, dan lainnya," terangnya.

Terakhir, pada fase prapembentukan kelompok UP2K, Afriani mengatakan, BP3AKB selaku leading sector terus melakukan sosialisasi perihal manfaat dari terbentuknya UP2K bagi para wanita, khususnya kaum ibu di Kabupaten Inhil.

"Sosialisasi akan terus kami lakukan hingga terbentuknya UP2K. Setelah terbentuk, barulah kami melakukan pelatihan berdasarkan spesialisasi kelompok, untuk kemudian dapat menggeluti usaha mereka secara bersama-sama nantinya dan menghasilkan keuntungan finansial," tandasnya. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww