Home > Berita > Dumai

Banjir Rob Genangi Jalan hingga Masuk ke Dalam Rumah Warga Kota Dumai, Tingginya 30-40 Cm

Banjir Rob Genangi Jalan hingga Masuk ke Dalam Rumah Warga Kota Dumai, Tingginya 30-40 Cm

Banjir rob yang menggenangi Jalan Cimpedak simpang Jalan Budi Kemuliaan, Kota Dumai, Riau, hari ini.

Minggu, 18 September 2016 15:23 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Warga Kota Dumai, Provinsi Riau, Minggu pagi (18/9/2016) sekitar pukul 07.00 WIB dikejutkan dengan banjir rob yang menggenangi sejumlah jalan protokol. Banjir yang disebabkan air laut yang pasang ini masuk hingga ke dalam rumah warga. Pantauan media, banjir rob (rob bahasa Jawa, adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut, red) menggenangi rumah warga dan jalan, hingga pukul 11.00 WIB. Tidak butuh waktu lama air yang berasal dari laut ini, membuat aktivitas warga menjadi terhenti.

Banjir rob terjadi di Dumai, karena adanya penurunan permukaan tanah dan biasanya terjadi di daerah pesisir. Wilayah yang terendam, meliputi seputaran Jalan Budi Kemulian, Cempedak, Ombak dan Dock Yard, serta sebagian jalan di Kecamatan Dumai Timur.

Wawan warga Jalan Cempedak menceritakan kepada wartawan, bahwa banjir rob tidak sampai masuk ke dalam rumah. Namun kali ini banjir rob bisa setinggi 30-40 centimeter di dalam rumah.

"Sepulang dari pasar, tiba-tiba air sudah mulai masuk dari teras rumah. Barang-barang pun tidak bisa diungsikan karena, hanya 15 menit saja air langsung tergenang di dalam rumah," bebernya.

Sementara di Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Cimpedak, serta Jalan Hasanuddin (Ombak), ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

"Sofa, tempat tidur, lemari dan meja, kita selamatkan ke lantai atas, agar tidak rusak, jika mendadak rob datang lagi," ujar dia. Dirinya dan warga lainnya saat ini disibukkan dengan membersihkan lumpur yang mengendap akibat banjir rob yang masuk ke dalam rumah. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Dumai, Peristiwa
wwwwww