Perenang Riau Azzahra Permatahani Bikin Kejutan PON di XIX Jabar

Perenang Riau Azzahra Permatahani Bikin Kejutan PON di XIX Jabar

Perenang Riau Azzahra Permatahani, usai dikalungi medali emas renang 800 m gaya bebas putri PON 2016 di kolam renang UPI, Bandung, 15 September 2016. (foto: tempo.co)

Jum'at, 16 September 2016 00:15 WIB
BANDUNG, POTRETNEWS.com - Perenang Riau Azzahra Permatahani secara mengejutkan mampu merebut medali emas di pertandingan renang 800 meter gaya bebas putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang berlangsung di kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (15/9/2016). Azzahra keluar sebagai juara dengan catatan waktu 19 menit 3,20 detik. Perenang berusia 14 tahun itu berhasil mengalahkan atlet renang tim Jawa Barat Raina Saumi yang sebelumnya tampil memukau dan menjadi yang tercepat pada babak penyisihan pada pagi.

"Tentunya senang akhirnya bisa dapat emas. Memang target saya di sini adalah mendapatkan medali emas. Saya tidak menyangka bisa mengalahkan Raina," ujar Azzahra saat ditemui awak media seusai menerima medali emas.

Pertarungan sengit memang terjadi dalam perebutan posisi pertama untuk nomor 800 meter gaya bebas putri. Saat awal balapan, memang Raina memimpin di depan rekan lainnya. Namun, Azzahra perlahan mampu mengejar dan semakin mendekati Raina yang berada di posisi pertama. Akhirnya Azzahra berhasil lebih cepat dari Raina dan berhak atas medali emas.

"Saya perlahan berusaha mengejar. Saya menyimpan stamina sehingga di akhir-akhir pertandingan saya bisa mengejar Raina," kata Azzahra.

Sementara itu, Raina hanya mampu mencatatkan waktu terbaik kedua dengan torehan 9 menit 3,50 detik. Dia mengaku cukup teledor di akhir-akhir pertandingan. Ketika jarak finis hanya menyisakan sekitar 10 meter lagi, Azzahra berhasil menyusul Saumi dan keluar sebagai juara.

"Kesalahannya mungkin saya tidak berani ngebut di awal sih, sehingga kehilangan kontrol. Tapi kalah atau menang biasa, mungkin besok akan saya balas di nomor 1.500 meter gaya bebas, ya," ujarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Tempo.co

Kategori : Peristiwa, Sport, Riau
wwwwww