Home > Berita > Rohil

Kapal Pukat Harimau Merajalela di Perairan Rohil, Nelayan Lokal Meradang

Kapal Pukat Harimau Merajalela di Perairan Rohil, Nelayan Lokal Meradang

Ilustrasi.

Minggu, 11 September 2016 17:43 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Nelayan Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau yang biasa melaut di perairan 12 mil laut dari Pantai Kuala Bagansiapiapi merasa meradang dengan merajalelanya pengguna jaring pukat harimau yang beroperasi di wilayah tersebut. Bahkan jumlahnya kian hari kian bertambah. ''Hari ini saja jumlahnya mencapai 25 kapal. Hampir semua kapal tersebut bertonase minimal 500 GT. Jika dilihat dari warna kapal nya, kemungkinan dari Sumatera Utara," kata Junaidi, Ketua Kelompok Nelayan Bagansiapiapi, Minggu (11/9/2016).

Jumadi menegaskan, jika Dinas Perikanan punya itikad baik untuk mengamankan biota laut agar tetap terjaga, tentu harus turun menangkap para penjarah ikan yang menggunakan alat tangkap yang nyata-nyatanya sudah melanggar undang-undang. Namun setiap pengaduan yang mereka sampaikan selalu mendapat tanggapan dingin dari dinas tersebut.

''Jika Dinas Perikanan turun sekarang. Saya yakin kapal trawl tersebut pasti tertangkap. Ini nggak, setiap kita minta turun, Kadis Perikanan selalu berdalih bahwa pengawasan di laut sudah diambil alih provinsi,'' ucapnya.

Sementara itu, menanggapi keluhan dari para nelayan, Kadis Perikanan Rokan Hilir, Muhammad Amin belum bisa dimintai penjelasannya. ***

wwwwww