Home > Berita > Rohul

Hutan Lindung Bukitsuligi di Perbatasan Rokan Hulu dan Kampar Dibakar Perambah

Hutan Lindung Bukitsuligi di Perbatasan Rokan Hulu dan Kampar Dibakar Perambah

Hutan lindung dibakar perambah. (foto: okezone)

Minggu, 11 September 2016 19:49 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satgas udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau mendeteksi adanya aktivitas perambahan, disertai pembakaran di hutan lindung Bukitsuligi, perbatasan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kabupaten Kampar.

Kebakaran hutan yang dilindungi negara ini terjadi di Muara Takus, Kecamatan XIII Kota Kampar, Kabupaten Kampar yang berbatasan dengang Kabun, Kabupaten Rohul.

"Di sekitar area yang terbakar terlihat aktivitas perambahan. Berdasarkan pantauan udara, ada dua orang yang kabur keluar dari pondok yang ada di Bukitsuligi," kata Komandan Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Marsekal Pertama Henri Alfandi, Minggu (11/9/2016).

Sementara itu, dari pantauan udara terlihat kebakaran berada di salah satu puncak Bukit Suligi. Kepulan asap putih terlihat membumbung di udara. "Untuk memadamkan dikerahkan satu helikopter untuk melakukan water bombing (bom air) di lokasi kebakaran," terangnya.

Terpisah, Satgas Udara kemudian melaporkan kebakaran di Bukit Suligi ke Satgas Darat, dalam hal ini TNI AD, Polri, BPBD dan Manggala Agni. Namun, kendalanya adalah lokasi yang cukup jauh, dan medan yang sulit dilalui.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan satgas di Kabupaten Kampar untuk mengatasi kebakaran di Bukit Suligi," tukasnya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Sindonews.com

wwwwww