Home > Berita > Siak

Pondok-pondok Milik Perambah di Cagar Biosfer di Kabupaten Siak Dibakar Satgas Karhutla

Pondok-pondok Milik Perambah di Cagar Biosfer di Kabupaten Siak Dibakar Satgas Karhutla

Pondok perambah hutan dibakar satgas. (foto: okezone.com)

Rabu, 07 September 2016 08:26 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau menindak tegas adanya aktivitas perambahan, di Cagar Biosfer Giam Kecil. Pondok-pondok liar milik perambah pun dibakar. Pondok-pondok milik perambah hutan itu, tepatnya berada di Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau.

"Di sana kita temukan ada dua pondok milik perambah hutan. Sebagai langkah tegas, kita bakar dua pondok tersebut," kata Komandan Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Marsekal Pertama Henri Alfiandi Selasa (6/9/2016).

Adanya aktivitas perambahan di hutan yang dilindungi negara dan dunia ini diketahui saat Satgas Udara melakukan patroli udara. Dari pemantauan itu ditemukan dua pondok yang lokasinya tidak jauh satu sama lainnya.

Begitu ada aktivitas perambahan, satgas kemudian menerjunkan timnya ke lokasi. Saat melihat ada aparat yang datang, para perambah berhamburan masuk kawasan hutan itu.

Satgas kemudian melakukan pengecekan di dua pondok milik penjarah hutan itu. Hasilnya, ditemukan alat ukur, kemudian gergaji, tas, handhone, dan sejumlah alat lain. Memastikan tidak ada orangnya di dalam pondok, satgas kemudian membakar pondok milik perusak lingkungan itu.

"Kita akan mengambil langkah tegas. Karena aktivitas perambahan biasanya akan diikuti dengan pembakaran. Ini yang harus kita tangani dengan cepat," tegasnya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Sindonews.com

wwwwww