Home > Berita > Riau

Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas, Riau Minta Bantuan 2 Helikopter

Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas, Riau Minta Bantuan 2 Helikopter

Ilustrasi.

Rabu, 17 Agustus 2016 14:32 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau terus meningkat. Untuk lebih memaksimalkan penanggulangan kebakaran, Tim Satgas meminta bantuan dua unit armada udara ke pemerintah pusat. "Kita sudah mengajukan bantuan helikopter ke pemerintah pusat untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan minimal dua unit lagi," kata Kadis Ops Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Yani Amirullah, Rabu (17/8/2016).

Namun, dia berharap pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan helikopter yang kapasitas angkut airnya lebih besar dari yang ada sekarang. "Kita butuh helikopter yang mampu mengangkut 4 ton air sekali terbang. Kita minta secepatnya dikabulkan," lanjut dia.

Saat ini Satgas Udara hanya memiliki dua unit helikopter dan dua pesawat jenis air tractor. "Karena tambahan helikopter bisa mengoptimalkan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau yang belakangan ini meningkat," tandasnya.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada hari ini di Riau terdeteksi sebanyak 278 titik panas. Kebakaran terparah berada di Kabupaten Rokan Hilir. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Okezone.com

wwwwww