Home > Berita > Rohil

Sambil Berpuasa, Kapolda Riau Jalan Kaki 1 Km di Gambut Panas untuk Pimpin Langsung Operasi Pemadaman Api di Rohil

Sambil Berpuasa, Kapolda Riau Jalan Kaki 1 Km di Gambut Panas untuk Pimpin Langsung Operasi Pemadaman Api di Rohil

Kapolda Riau Brigjen Supriyanto pimpin pemadaman lahan di Rohil, Senin siang. (foto: goriau.com)

Senin, 15 Agustus 2016 16:22 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau masih berlangsung hingga Senin (15/8/2016) siang. Angin kencang dan beratnya medan membuat tim darat kesulitan menjinakkan kobaran api, salah satunya di daerah Putat, Kecamatan Tanahputih. Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto yang turun langsung ke lokasi kebakaran lahan ini sempat beberapa kali terperosok ke dalam gambut panas. Untuk menuju ke titik kebakaran, tidak bisa diakses dengan mobil. Tim pun harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer ke dalam.

Meski sudah disiram beberapa kali, lahan gambut ini tetap panas bila diinjak. Belum lagi angin yang bertiup kencang menyulitkan polisi dan TNI untuk masuk jauh lebih dalam. Sebagian anggota bahkan sepatunya jebol alias meleleh oleh panasnya lahan.

Tiba di lokasi kebakaran, Jenderak bintang satu ini langsung mengambil selang dan berdiri paling depan memadamkan api. Beberapa kali ia terjatuh lantaran dorongan air dari mesin robin sangat kuat. Setapak demi setapak, api pun berhasil padam.

Pantauan di lokasi, aktivitas pemadaman yang dilakukan Kapolda berlangsung sejak pagi hingga siang, namun kobaran api terus saja membesar akibat teriknya panas matahari. Saat dipadamkan di satu titik, dititik lain api baru muncul lagi.

"Kita maksimalkan agar api padam hari ini. Jangan sampai menyebar luas. Ini lahan sawit sekitar 20 hektar. Pelakunya sedang kita selidiki," kata Kapolda didampingi Dansat Brimob, Kombes Pradah Pinunjul,Kapolres Rohil AKBP Hendri Posma Lubis dan Kabid Humas, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Mengejutkannya, saat anggota lain tengah makan siang, Supriyanto justru masih memutari lahan ini. Ternyata Kapolda tidak ikut makan lantaran sedang berpuasa. "Silahkan dilanjutkan, kebetulan saya puasa, jangan sungkan-sungkan," canda dia kepada bawahannya.

Kepolisian mengerahkan setidaknya 185 anggota untuk memadamkan api, mulai dari Polres, Polda dan TNI, ditambah lagi dua Pleton Brimob Polda Riau dan satu Pleton TNI yang dibagi menjadi lima tim, dengan membawa masing-masing alat pemadaman.

Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih berlanjut. Kapolda Riau dan jajaran juga masih berada di lokasi. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww