PotretNews.com Selasa 31 Maret 2020
Home >  Berita >  Siak

Gelar Pelatihan IbW CSR untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, PT IIS Gandeng Universitas dan Stikes di Riau

Gelar Pelatihan IbW CSR untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, PT IIS Gandeng Universitas dan Stikes di Riau

Foto bersama usai pelatihan. (foto: humas aag)

Kamis, 11 Agustus 2016 15:37 WIB
SIAK SRI INDRAPURA, POTRETNEWS.com - Melalui program CSR (corporate social responsibility), secara berkesinambungan Asian Agri terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan. ”Dalam menjalankan operasional perusahaan, kami senantiasa berupaya agar keberadaan kami di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat guna peningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. Oleh karena itu berbagai program CSR secara berkesinambungan terus kami lakukan. Bahkan untuk optimalisasi program CSR, kami juga berkolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Riau, Benjamin Hutagalung pada acara Training CSR bagi Masyarakat Desa Bukit Agung, Kecamatan SP5, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak Provinsi Riau, (28/7/2016) lalu.

Menurut Benjamin Hutagalung, training Program IbW (Iptek bagi Wilayah) CSR ini merupakan salah satu wujud nyata dari Memmorandum of Understanding (MoU) pada 9 April 2015 s.d 31 Desember 2018 antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lancang Kuning, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Al-Insyirah dengan PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan; yang merupakan salah satu unit bisnis dari Asian Agri.

Bentuk kerja samanya yaitu perusahaan memberikan program CSR dan pendampingan kepada masyarakat, Unilak memberikan bimbingan teknis usaha tani dan ternak kepada masyarakat dan Stikes Al-Insyirah memberikan bimbingan terkait kesehatan masyarakat. Tujuannya adalah untuk bersinergi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan.

”Training CSR ini merupakan upaya untuk optimalisasi program integrasi sapi dengan kelapa sawit yang sudah dilakukan PT IIS sejak Tahun 2008. Bila sebelumnya integrasi sapi ini fokus pada penggemukan ternak, maka dengan adannya kolaborasi ini bertujuan untuk melakukan diversifikasi manfaat dari ternak sapi tersebut, sekaligus memberikan penyuluhan terkait kesehatan lingkungan dan gizi masyarakat. Tujuannya adalah untuk bersinergi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pengabdian IbW (Iptek bagi wilayah CSR) dari LPPM Universitas Lancang Kuning, Latifa Siswati menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat yang berada di wilayah binaan PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan Asian Agri.

”Training kali ini merupakan tindak lanjut diversifikasi ternak sapi, sehingga menambah wawasan masyarakat peternak guna mendapatkan tambahan penghasilan melalui pengolahan kotoran sapi menjadi biogas,” paparnya.

Sedangkan perwakilan Stikes Al- Insyirah, Rizky Noverayanti, Ketua Lembaga Penelitian STIKES Al-Insyirah, lembaga mereka ingin memberikan pengabdian kepada masyarakat untuk mendorong keluarga yang ada di sekitar PT Inti Indosawit Subur Kebun Buatan agar hidup sehat.

”Dengan adanya pemanfaatan limbah ternak sapi tersebut di atas, maka lalat-lalat yang hinggap di kotoran sapi akan jauh berkurang sehingga sanitasi keluarga peternak sapi menjadi lebih baik. Artinya kesehatan lingkungan tempat tinggal masyarakat juga tetap terjaga,” ujarnya.

Menanggapi kegiatan tersebut di atas, salah satu petani yang bernama Rasan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim dari Asian Agri, Unilak dan STIKES Al-Insyirah. Ia sangat tertarik dan ingin sekali membuat biogas di dekat kandang sapinya yang saat berjumlah berjumlah 5 ekor. Sehingga selain bisa memanfaatkan pupuk untuk kelapa sawitnya dan berharap dapat menghemat biaya LPG dari penggunaan biogas. (rls)

Editor:
Mario Abdillah Khair

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Umum, Interbis
Loading...
www www