Home > Berita > Riau

Demi Rampungkan RTRW, Riau Belajar hingga ke Kalteng

Demi Rampungkan RTRW, Riau Belajar hingga ke Kalteng

Ilustrasi.

Rabu, 10 Agustus 2016 15:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menjawab mendesaknya kebutuhan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau, kalangan DPRD pun tak tinggal diam. Sekretaris Komisi D Asri Auzar mengaku sudah konsultasi ke pihak kementrian di Jakarta. "Setelah kita adakan Konsultasi ke kementrian , tidak ada masalah. Pihak pusat meminta kita belajar menangani RTRW ini ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang punya masalah mirip Riau dan baru saja merampungkan RTRW nya," kata Asri.

Pria yang akrab disapa Haji Eri pun mengaku pihaknya sudah lakukan kunjungan ke Kalteng. Alasannya, Kalteng memiliki kebutuhan lahan nonhutan sebesar 15 juta hektar.

"Riau memerlukan sekira 10 juta. Riau dan Kalteng memiliki kebutuhan lahan nonhutan sebesar 17 persen dari total lahan yang ada," bebernya.

Lamanya merampungkan RTRW ini juga diakui Haji Eri karena pemerintah provinsi bersama DPRD tak ingin bertindak gegabah. RTRW Provinsi merupakan kumpulan RTRW Kabupaten/Kota, sehingga jangan sampai tumpang tindih nantinya yang bisa berdampak pada tidak sinkronnya dengan RTRW nasional nantinya.

"Adapun yang kami pelajari dari Kalteng yang sudah sahkan RTRW nya sembari terus merevisi. Kalteng melakukan beberapa kali perjanjian dengan mentri terkait dalam rangka menyelesaikan RTRPW Provinsinya," ungkap politisi dari Partai Demokrat ini.

Adapun Kalteng menurut Haji Eri pertama kali lakukan perjanjian antara gubernur dengan 2 menteri. Selanjutnya diadakan lagi kesepahaman bersama 4 mentri dan gubernurnya.

"Pada perjanjian kedua tersebut dilakukan di depan presiden. Riau juga akan gesa untuk penyelesaian RTRW dengan pelajari Kalteng," tuturnya. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Halloriau.com

Kategori : Riau, Politik, Peristiwa
wwwwww