Home > Berita > Riau

Pemprov Riau Serahkan Pengelolaan Bandara Tempuling ke Kemenhub

Pemprov Riau Serahkan Pengelolaan Bandara Tempuling ke Kemenhub

Bandara Tempuling di Tembilahan.

Senin, 08 Agustus 2016 20:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyepakati penyerahan aset Bandara Tempuling di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kepada pemerintah pusat yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk dikelola. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmad Rahim mengatakan saat ini aset Bandara Tempuling kondisinya terbengkalai, sehingga perlu upaya agar menjadi bermanfaat bagi daerah.

"Kami melihat aset di Bandara Tempuling Inhil ini terbengkalai, karena itu kami mendorong supaya pemkab menyerahkannya kepada Kemenhub untuk dikelola pemerintah pusat," katanya, Senin (8/8/2016).

Rahmad menjelaskan, saat ini proses penyerahan aset sudah sampai pada tahap inventarisir yang dilakukan oleh Dishub provinsi bersama pemda setempat.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kemenhub dan Gubernur Riau, sehingga telah didapatkan kata sepakat antar pihak tentang rencana penyerahan aset tersebut.

Setelah proses penyerahan selesai, diharapkan bandara ini akan dikelola Kemenhub dengan lebih baik, dan mendatangkan manfaat bagi daerah.

"Akan banyak manfaat yang didapatkan daerah seperti biaya pengelolaan akan ditanggung Kemenhub, dan tentu saja fasilitas dan layanan di bandara ini akan dilengkapi sesuai standard dan kelas bandaranya," katanya.

Adapun bandara yang dibangun sejak 2006 ini dikelola oleh Pemkab Inhil dengan jarak dari Bandara Tempuling ke Kota Tembilahan sejauh 24 kilometer. Pada 2015 lalu maskapai Susi Air mulai terbang di bandara ini dengan rute Tembilahan - Pekanbaru, dan sebaliknya, sekali sepekan. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Bisnis.com

Kategori : Riau, Inhil, Pemerintahan
wwwwww