Home > Berita > Umum

Konsumsi Ikan Masyarakat di Riau Lampaui Rerata Nasional

Konsumsi Ikan Masyarakat di Riau Lampaui Rerata Nasional

Ilustrasi/Aktivitas perikanan.

Sabtu, 30 Juli 2016 22:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Riau mengalami peningkatan dan melampaui rerata konsumsi ikan nasional. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Tien Mastina dalam keterangan persnya menyatakan daya konsumsi ikan masyarakat di daerahnya cukup tinggi, khususnya kawasan pesisir.

“Dari data yang kami dapatkan, tingkat konsumsi ikan di Riau khususnya kawasan pesisir sangat tinggi, melebihi rerata konsumsi nasional. Sedangkan di kawasan ibu kota yaitu Pekanbaru lebih rendah,” katanya, Sabtu (30/7/2016).

Dia menyebut data Dinas Perikanan dan Kelautan yaitu rerata tingkat konsumsi ikan masyarakat Riau sudah mencapai 41 kilogram perkapita/tahun, dan saat ini mengarah ke 42 kilogram perkapita/tahun.

Posisi ini memang lebih tinggi dari rerata konsumsi ikan nasional yang berada di level 38 kg--40 kg per kapita per tahun.

Dengan kondisi ini, pihaknya berharap masyarakat makin semangat untuk mengkonsumsi ikan sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi daging di Riau.

Khusus untuk daerah di Riau yang masih rendah konsumsi ikannya, beberapa penyebab di antaranya yaitu banyaknya pilihan makanan yang bisa dikonsumsi masyarakat.

“Mungkin karena banyak varian makanan lainnya, sehingga konsumsi ikan tidak terlalu tinggi khususnya di Pekanbaru,” katanya. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Bisnis.com

Kategori : Umum, Riau
wwwwww