Resep Tradisional ”Gulai Tuna Keladi Becekau” Antar Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan 2016

Resep Tradisional ”Gulai Tuna Keladi Becekau” Antar Kecamatan Tualang Juara Umum Lomba Masak Forikan 2016

Juri dan penyelenggara menyicipi menu yang dibuat peserta Lomba Masak Berbahan Dasar Serba Ikan, Kamis (28/07/2016) di Balairung Datuk Empat Suku Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura.

Jum'at, 29 Juli 2016 07:26 WIB
Halim
SIAK, POTRETNEWS.com - Kecamatan Tualang tampil sebagai juara umum lomba masak berbahan dasar serba ikan yang ditaja Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak Provinsi Riau bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kelautan setempat, di Balairung Datuk Empat Suku Kompleks Abdi Praja, Kamis (28/7/2016). Tahun ini Kecamatan Tualang mengangkat tema masakan tradisional Melayu yang diberi nama Gulai Tuna Keladi Becekau dan Kembang Tuna.

Peserta berasal dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak, menyajikan menu sesuai sudah ditetapkan. Masing-masing menampilkan kreativitas sehingga menu makanan terlihat menarik dan bervariasi. Penilaian,tim juri mulai dari cara menghidang, inovasi, citra rasa dan kebersihan.

Berdasarkan keputusan juri pemenang lomba Kecamatan Tualang, kecamatan terpadat penduduk menjuarai tiga kategori perlombaan dan berhak mendapatkan tropi dan uang pembinaan

Kategori Balita, juara I Kecamatan Tualang, juara II Kecamatan Siak, dan juara III Kecamatan Dayun.

Kategori Kudapan, juara I diraih Kecamatan Tualang, juara II dari Kecamatan Kotogasib dan juara III dari Kecamatan Siak.

Sementara untuk Kategori Keluarga, juara I dari Kecamatan Tualang, juara II dari Kecamatan Lubukdalam, dan Juara III dari Kecamatan Kotogasib.

Ketua Forikan Kecamatan Tualang Yusmawati saat dihubungi melalui handphonenye mengaku bangga karena daerahnya terpilih kembali sebagai juara umum. ”Untuk tahun ini kami lebih fokus pada menu tradisional seperti ’gulai tuna keladi becekau’ dan ’kembang tuna’,” paparnya.

Dia menyebut, tujuan mengangkat kembali masakan khas daerah Melayu, yang mulai kurang digandrungi anak-anak remaja dewasa ini.

Yusmawati mencontohkan, pada kategori kudapan Tualang menampilkan menu kembang tuna. Masakan ini sebenarnya terinspirasi dari kue kembang loyang, namun dimodifikasi, dengan menggunakan bahan ikan tuna.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Ny Rasidah Alfedri mengatakan perlombaan ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Tema yang ditonjolkan pada kegiatan tahun 2016 yakni ”Dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Kita Tingkatkan Kesejahteraan dan Kecerdasan Masyarakat Kabupaten Siak".

Menurut dia, kegiatan bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan dari sumber serba ikan, menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan.

"Iven ini juga bisa mendorong masyarakat Kabupaten Siak gemar untuk mengonsumsi ikan. Karena, kandungan protein pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein pada ikan dapat mudah di cerna oleh tubuh, dan mempengaruhi kecerdasan anak menjadi anak yang cerdas sehat dan kuat," ujar Ny Rasidah Alfedri. ***

Kategori : Peristiwa, Umum, Siak
wwwwww