Home > Berita > Siak

Menteri LHK: Banyak Daerah yang Bisa Jadi Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tapi Kabupaten Siak Paling Siap!

Menteri LHK: Banyak Daerah yang Bisa Jadi Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tapi Kabupaten Siak Paling Siap!

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Bupati Siak H Syamsuar setibanya di Siak Sri Indrapura, Kamis (21/7/2016).

Kamis, 21 Juli 2016 22:50 WIB
Halim
SIAK, POTRETNEWS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya tiba di Kabupaten Siak tiba di pelabuhan lalu lintas angkutan sungai danau dan penyeberangan (lasdap) yang didampingi Bupati Siak H Syamsuar, Rabu (21/7/2016). Kedatangan Menteri LHK ke daerah ini dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, besok (Jumat, 22/7/2016).

Setibanya, di pelabuhan lasdap menggunakan spead boat yang bertolak dari Pelabuhan Sungai Duku, Menteri Siti Nurbaya yang di dampingi Bupati Siak H Syamsuar disambut oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, Kapolres Siak AKBP Restika Pardamean Nainggolan, Sekda Siak Tengku Said Hamzah, Kepala Dinas Perhubungan Kaharudin, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Robiati, Asisten II Safrilenti.

Siti Nurbaya mengatakan, tujuan kedatangannya ke Kabupaten Siak dalam rangka menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang juga merupakan untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar Pulau Jawa.

Siti mengaku telah menerima laporan serta mengikuti tentang perkembangan Kabupaten Siak yang telah mengalokasikan usaha dan energinya untuk ikut menghadapi persoalan-persoalan seperti pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta pelestarian Taman Nasional Zamrud yang ada di wilayah itu.

"Beberapa perusahan di Riau kita cabut izinnya secara administratif serta tidak boleh beroperasi lagi (sedang didata oleh pemerintah secara nasional, red). Nanti apabila penanganannya baik, mereka bisa menjadi contoh untuk penyelesaian bagi daerah daerah lain dengan komplikasi persoalan yang mirip atau pun serupa,” papar menteri.

Siti mengapresiasi kesiapan dan tekad yang bagus dari Pemerintah Kabupaten Siak untuk menjadi kabupaten hijau. ”Banyak kabupaten yang bisa. Namun, Kabupaten Siak yang lebih siap dan dipercayakan menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun ini,” ujarnya. ***

wwwwww