Home > Berita > Inhil

18-23 Juli, Calon Haji Inhil Jalani Tes Kesehatan Tahap Dua

18-23 Juli, Calon Haji Inhil Jalani Tes Kesehatan Tahap Dua

Ilustrasi/Jemaah calon haji Kabupaten Inhil menjalani tes kesehatan tahap dua.

Kamis, 21 Juli 2016 13:25 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Saat ini, seluruh jemaah calon haji (CJH) asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau yang masuk dalam porsi keberangkatan ke Tanah Suci tahun 1437 H sudah mulai menjalani tes dan pemeriksanaan kesehatan tahap dua. Pemeriksaan kesehatan tahap dua yang dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Inhil, Jalan M Boya Tembilahan ini, dilaksanakan 18-23 Juli 2016.

Sekretaris Diskes Inhil H Ridwan MKes mengatakan, pemeriksaan tahap kedua ini merupakan penentu apakah JCH tersebut bisa diberangkatkan atau tidak.

"Dari data yang kita peroleh, untuk tahun ini tercatat sebanyak 396 JCH asal Kabupaten Inhil yang mengikuti dan menjalani pemeriksaan kesehatan tahap dua. Jumlah ini termasuk petugas TKHI dari Kabupaten Inhil," tutur Ridwan saat ditemui awak media disela-sela pemeriksaan kesehatan CJH di Aula Wijaya Kusuma Kantor Diskes, Selasa (19/7/2016).

Dijelaskan Ridwan, pemeriksaan kesehatan tahap dua yang sedang dilakukan ini, meliputi pemeriksaan kondisi fisik lengkap oleh tim dokter kepada seluruh CJH, yang terdiri dari pemeriksaan laboratorium, urine, rontgen dan EKG.

"Selain itu, kepada setiap JCH akan diberikan suntikan vaksin meningitis dan influenza," terangnya.

Pemberian vaksin tersebut, lanjut mantan Kabag Humas Setda Inhil ini, dalam upaya memberikan perlindungan bagi JCH terhadap bahaya berbagai penyakit menular, serta syarat mutlak bagi JCH yang akan berangkat ke Tanah Suci. Apalagi, JCH yang belum atau tidak diimunisasi meningitis, tidak akan diberikan visa atau izin untuk melakukan ibadah haji.

"Kita harapkan seluruh JCH dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap dua ini, sehingga apa yang jadi masukan para dokter untuk JCH bisa ditindaklanjuti sebelum keberangkatan," ujarnya. ***

Kategori : Inhil, Umum, Peristiwa
wwwwww