TNI Kejar-kejaran dengan Imigran Ilegal di Semak, 15 Orang Berhasil Ditangkap

TNI Kejar-kejaran dengan Imigran Ilegal di Semak, 15 Orang Berhasil Ditangkap

Ilustrasi.

Rabu, 20 Juli 2016 12:28 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Sebanyak 15 warga negara asing diamankan di Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis. Mereka diketahui datang dari Pekanbaru dengan tujuan Sepahat dan rencananya bakal melanjutkan perjalanan ke Malaysia.

Kabarnya jumlah mereka 44 orang. Namun hanya 15 orang yang berhasil diamankan. "Indikasinya ada 44 orang. Karena keterbatasan petugas, kita hanya berhasil mengamankan 15 orang," kata Dan Unit Intelkam Lettu Inf ML Tobing.

Informasinya, para imgran gelap ini hendak mencari kerja ke Malaysia. Dari Pekanbaru ke Bengkalis, mereka menggunakan travel. "15 WNA Bangladesh kita serahkan ke Imigrasi Klas II A Bengkalis. Sisanya masih dalam pencarian," tambah ML Tobing.

Kepala Kantor Imigrasi Bengkalis Agung Sampurno membenarkan peristiwa itu. "Tadi pukul 21.30 WIB, Kodim Bengkalis mengantar mereka ke Kantor Imigrasi. Saat ini tengah didata dan diperiksa," terang Agung.

Ada dua dokumen yang telah diperiksa. Datanya menunjukkan bahwa imigran itu asal Bangladesh.

Setakat ini pemeriksaan difokuskan untuk mencari tahu dengan siapa mereka datang dan alat transportasi yang digunakan. Imigrasi juga sedang mendalami pihak yang memfasilitasi keberangkatan mereka dari Medan.

"Sesuai dengan undang-undang perdagangan orang, kalau mereka korban, maka harus dilindungi. Jadi bukan dihukum," kata Agung.

Tindakan yang diambil, yakni deportasi. “Prosesnya, dari sini kita kirim ke rumah ditensi imigrasi di Pekanbaru. Karena memang tugas rumah ditensi memulangkan orang sambil menunggu proses deportasi,” jelasnya.

Agung menambahkan, sebelum dideportasi, rumah ditensi Pekanbaru akan melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Bangladesh. “Identifikasi sudah selesai, hari ini kemungkinan akan kita berangkatkan,” terang Agung.***

editor: wawan s
sumber: pekanbarumx.co

wwwwww