Kebakaran Lahan, 1 Ton Garam Disebar di Riau untuk Membuat Hujan Buatan

Kebakaran Lahan, 1 Ton Garam Disebar di Riau untuk Membuat Hujan Buatan

Ilustrasi.

Jum'at, 15 Juli 2016 20:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah pusat memberikan bantuan program teknologi modifikasi cuaca (TMC) ke Satgas Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Riau. Hari ini program TMC langsung dilakukan di langit Riau. "Kemarin kita menerima bantuan untuk TMC dengan menggunakan pesawat Cassa. Sore ini juga TMC langsung dilakukan di wilayah Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Jumat (15/7/2016).

Edwar menjelaskan, untuk program TMC alias hujan buatan ini juga dibantu dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Program hujan buatan ini karena Riau memasuki musim kemarau. Diharapkan dengan TMC ini bisa mencegah kebakaran lahan," kata Edwar.

Komandan Satgas Udara, Marmas Henri Alfiandi menambahkan pesawat Cassa untuk TMC terbang pukul 14.00 WIB dengan membawa 1 ton garam untuk menyemai.

"Lokasi yang dilakukan TMC dengan target area 330-60 derajat dari Pekanbaru dengan jarak 30-30 mil, ketinggian terbang 8.000 sampai dengan 11.000 kaki," kata Henri.

Sebagaimana diketahui, sejak Januari hingga Juli luas kebakaran lahan di Riau sudah lebih dari 1.300 hektare (ha). Kawasan yang terbakar terjadi di sejumlah kabupaten.

Satgas Udara menegaskan, kebakaran lahan yang terus terulang merupakan unsur kesengajaan dari pihak yang tak bertanggung jawab. Pembakaran lahan di lakukan untuk membuka perkebunan atau perladangan. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Detik.com

wwwwww