Meriam Bersejarah Milik Kerajaan Pelalawan Dicuri

Meriam Bersejarah Milik Kerajaan Pelalawan Dicuri

Deretan meriam peninggalan Kerajaan Pelalawan.

Rabu, 13 Juli 2016 11:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau kehilangan benda bersejarah berupa meriam yang terbuat dari tembaga murni. Meriam tersebut merupakan peninggalan kerajaan Istana Sayap Pelalawan. Atas kejadian itu pihak Pemkab melalui Dinas Pariwisata Pelalawan melaporkan kejadian itu ke polisi. "Sore ini kita baru mendapat laporan atas hilangnya Meriam Pintal peninggalan Kerajaan Pelalawan," ujar Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo, Selasa (12/7/2016).

Meriam Pintal selama ini dititipkan di sebuah musala di Kelurahan Pelalawan Kecamatan Pelalawan atau tidak jauh dari Istana Sayap. Pihak Pemkab Pelalawan menitipkan meriam ke musalah pasca-terbakarnya Istana Sayap beberapa tahun lalu.

Aset bersejarah Meriam Pintal diketahui hilang pagi tadi ketika pihak Dinas Pariwisata Pelalawan mendapat laporan dari pihak musala. Setelah dicek ternyata benar, peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya sudah dicuri.

"Saat ini kasusnya ditangani oleh Satuan Reskrim Pelalawan. Semoga peninggalan aset bersejarah itu segera ditemukan kembali dan pelakunya segera ditangkap," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Pelalawan Zulkifli mengatakan, bahwa berat meriam itu sekitar 100 kilogram.

"Kita berharap Meriam Pintal tersebut segera ditemukan kembali. Kita perkirakan pelakunya lebih dari satu orang mengingat meriam itu sangat berat," tuturnya. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Okezone.com

wwwwww