Home > Berita > Riau

Ribuan Alat Berat di Riau Diduga Tak Bayar Pajak

Ribuan Alat Berat di Riau Diduga Tak Bayar Pajak

Ilustrasi.

Minggu, 03 Juli 2016 21:32 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Komisi C DPRD Riau selaku komisi yang membidangi keuangan mengaku prihatin. Pasalnya banyak alat berat yang beroperasi di Riau diduga tidak membayar pajak. Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson mengatakan dari data yang didapat pihaknya, ada ribuan alat berat yang beroperasi di Provinsi Riau, cuma segelintir alat berat yang membayar pajak.

"Data yang sampai ke kita, dari 5000 an unit alat berat yang beroperasi di Riau, hanya 430 unit yang pajaknya dibayarkan, selebihnya belum," katanya.

Aherson menyebut putusan MK tidak mengatur tekhnis. Untuk itu, sepanjang belum ada aturan teknis tentang alat berat tersebut , maka pemilik alat berat mesti membayarkan pajaknya sesuai yang tercantum dalam perda.

"Mendagri mesti menindaklanjuti putusan MK itu. Kalau tidak, apa dasar teknis menjalankannya putusan itu," ujarnya.

Aherson mendesak mendesak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Riau untuk segera menindaklanjuti hal ini. Menurutnya, tidak ada alasan bagi pemilik alat berat untuk tidak membayarkan pajak alat beratnya.

"MK memang memutuskan kalau alat berat itu tidak masuk ke dalam kategori kendaraan bermotor. Tapi dalam perda kita, alat berat masuk ke dalam kategori kendaraan bermotor," ujarnya. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Riaupos.co

Kategori : Riau, Umum, Politik
wwwwww