Lahan Terbakar di Rokan Hilir dan Disegel Satgas Milik PT Sumatera Riang Lestari, Ini Penampakan dari Udara

Lahan Terbakar di Rokan Hilir dan Disegel Satgas Milik PT Sumatera Riang Lestari, Ini Penampakan dari Udara

Ini penampakan lahan PT Sumatera Riang Lestari yang terbakar di Kabupaten Rokan Hilir dari udara. (foto: detik.com)

Sabtu, 02 Juli 2016 19:32 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satgas Pencegahan Kebakaran Lahan akan segera menyegel lahan PT Sumatera Riang Lestari (SRL) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau. Pihak perusahaan juga akan dimintai klrarifikasi terkait kebakaran tersebut. "Besok tim akan ke lokasi lahan milik perusahaan itu (SRL) untuk menyegal. Lahan yang sudah disegel tidak dapat dikelola lagi," kata Komandan Satgas Udara, Marsma Henri Alfiandi, Sabtu (2/7/2016).

Dia menyebutkan di lahan PT SRL sebelumnya terbakar sekitar 40 hektar. Lahan tersebut bersengketa dengan masyarakat. Sehingga adanya aksi klaim di lahan tersebut yang akan dijadikan perkebunan sawit oleh masyarakat.

"Lahan yang terbakar itu unsur kesengajaan. Jadi lahan akan kita segel dan tidak boleh lagi untuk dikelola siapapun," kata Henri.

Hal senada disampaikan, Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger. Menurutnya terkait kebakaran lahan di perusahaan, tim Satgas akan segera meminta klarifikasi kepada PT SRL selaku perusahaan penyuplai bahan baku ke pabrik kertas PT RAPP.

"Soal adanya lahan perusahaan yang terbakar, nanti akan kita mintai klarifikasinya. Tim kita akan terus bekerja keras dalam pencegahan kebakaran ini jangan sampai terulang kembali seperti tahun lalu," kata Edwar.

Untuk hari ini, kata Edwar, tim Satgas melakukan pemadaman lewat udara di Kabupaten Kampar Riau. Dalam laporan tim darat, ditemukan kebakaran lahan yang sulit terjangkau, sehingga memerlukan bantuan tim udara.

"Tim Satgas udara sudah menggeser pesawat air tractor dan heli BNPB untuk melakukan water bombing di Kabupaten Kampar," kata Edwar. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Detik.com

wwwwww