Lahan Sengketa di Bangkopusako Rokan Hilir Terbakar

Lahan Sengketa di Bangkopusako Rokan Hilir Terbakar

Lahan yang terbakar di Bangkopusako Rokan Hilir. (foto: detik.com)

Jum'at, 01 Juli 2016 10:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebelumnya 40 hektare lahan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di Riau lahan sengaja dibakar. Hingga Kamis (30/6/2016) kebakaran lahan muncul lagi di lokasi berbeda. "Lokasi kebakaran lahan ada di Kecamatan Punak Bangko, Rohil. Jadi kondisi kebakaran ini sengaja dibakar," kata Komandan Satgas Udara, Marsma Henri Alfiandi kepada wartawan, Kamis (30/6/2015).

Lokasi kebakaran sebelumnya berada di Kecamatan Bangkopusako, luasnya 40 hektare. Tim Satgas Udara kembali melakukan water bombing di lokasi yang berbeda lagi.

"Kita menggunakan dua pesawat air traktor dan heli milik BNPB. Kita melakukan water bombing di lokasi bekaran yang baru lagi," kata Henri.

Sebagaimana diketahui, 40 hektar lahan yang terbakar merupakan kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Sumatera Riang Lestari (SRL). Perusahaan ini merupakan penyuplai kayu HTI ke pabrik kertas PT RAPP.

Hanya saja, lokasi yang dibakar itu, merupakan kawasan yang selama ini jadi rebutan dengan masyarakat. Lokasi yang terbakar itu lahan sengketa yang tak pernah kunjung terselesaikan pemerintah.

Lahan 40 hektar sengaja dibagar warga untuk membuka lahan perkebunan sawit. Pihak Satgas Udara melihat langsung ada dua warga membawa obor membakar lahan 40 hektar yang sudah disiram zat kimia terlebih dahulu. Begitu rumput dan semak belukar kering, dengan mudahnya pelaku melakukan pembakaran di lokasi. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Detik.com

wwwwww