Satgas Udara Padamkan Lahan Terbakar di Rokan Hilir

Satgas Udara Padamkan Lahan Terbakar di Rokan Hilir

Pemadam kebakaran lahan di Rohil, Selasa 28 Juni 2016. (foto: dok satgas udara siaga darurat kebakaran lahan)

Rabu, 29 Juni 2016 03:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satgas Udara hari ini mengerahkan satu heli dan pesawat air tractor ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau terkait kebakaran lahan. Pesawat air tractor dan heli melakukan water bombing. Demikian disampaikan Komandan Satgas Udara, Siaga Darurat Kebakaran Lahan, Marsma Henri Alfiandi kepada wartawan, Selasa (28/6/2016). Dia menjelaskan, kebakaran lahan tepatnya terjadi di Desa Bano, Kecamatan Bangko Pusako, Rohil.

"Titik api ini berada di areal perkebunan sawit. Dua hari yang lalu kita juga melakukan pemadaman di kecamatan yang masih tak jauh dari lokasi saat ini. Jadi ada unsur kesengajaan, saat kemarau datang, warga kembali bakar lahan," kata Henri.

Tim Satgas Udara, kata Henri, sejak pagi hingga siang masih terus melakukan water bombing. Bila dilihat dari udara, diketahui kebakaran lahan berada di sekitar perkebunan sawit.

"Kita juga berharap, Satgas penegakan hukum untuk segera memburu para pelaku pembakar lahan ini," kata Henri.

Dari datang yang dihimpun, kebakaran lahan juga sempat terjadi di wilayah Dumai. Di sana ada lahan 4 hektare sengaja dibakar warga untuk membuka perkebunan sawit.

Namun tim Satgas Darat sudah berhasl memadamkan lokasi tersebut. Tapi para pelaku pembakar lahan belum berhasil tertangkap. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Detik.com

wwwwww