Safari Ramadan 1437 H/2016 M Pemkab Pelalawan; Merajut Silaturahmi, Serap Aspirasi Sambil Sosialisasi Program Pembangunan agar Makin Membumi

Safari Ramadan 1437 H/2016 M Pemkab Pelalawan; Merajut Silaturahmi, Serap Aspirasi Sambil Sosialisasi Program Pembangunan agar Makin Membumi

Bupati Pelalawan HM Harris memberikan kata sambutan dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan di Mesjid Nurul Islam Kelurahan Langgam.

Kamis, 23 Juni 2016 23:58 WIB
Advertorial

PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Pada saat bulan Ramadan tiba, biasanya ini menjadi momen dan ”jembatan” untuk lebih dekat kepada Allah Swt, serta manfaat bagi masyarakat adalah adanya kedekatan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat atau kedekatan antara masyarakat dengan masyarakat.

Banyak kegiatan bersifat kolektif yang dilaksanakan dalam bulan Ramadan. Misalnya berbuka atau Salat Tarawih, sehingga dapat mempermudah berkomunikasi secara lebih massif, efektif dan efisien tanpa harus mengumpulkan massa atau masyarakat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata safari memiliki arti perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan dan wisata. Dari pemaknaan tersebut, maka safari yang harus dilakukan adalah menjangkau tempat-tempat yang terjauh sekalipun, dan tempat-tempat yang terdapat di pedalaman. Kegiatan safari tersebut sekaligus mempelajari dan memecahkan persoalan-persoalan yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat.

Kegiatan Safari Ramadan merupakan suatu aktivitas tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan Provinsi Riau. Rabu (8/6/2016) lalu, Bupati Pelalawan HM Harris melepas keberangkatan Tim Safari Ramadan 1437 H pemkab yang juga diikuti oleh PT Riau Pulp and Paper (RAPP) secara resmi di Balai Seminai kompleks kantor bupati.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/24062016/potretnewscom_vdxjp_466.jpg
Bupati Pelalawan HM Harris (kiri) secara simbolis menerima jam petunjuk waktu salat dari Direktur PT RAPP Rudi Fajar (pakai batik), bersamaan dengan pelepasan Tim Safari Ramadan Pemkab Pelalawan, di Pangkalankerinci, Rabu (8/6/2016) sore lalu.

Safari Ramadan Bupati Pelalawan; Dimulai dari Kecamatan Pangkalankerinci Diakhiri di Kecamatan Langgam

Pada safari perdananya, Rabu (8/6/2016) malam, Bupati Pelalawan HM Harris dan rombongan melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjemaah di Mesjid Al-Ikhlas Desa Mekarjaya Kecamatan Pangkalankerinci.

Sementara pada Rabu (22/6/2016), Tim Safari Pemkab Pelalawan berkesempatan menyambangi masyarakat Kelurahan Langgam, tepatnya di Mesjid Raya Nurul Islam Kelurahan/Kecamatan Langgam. Kegiatan ini mengangkat tema ”Dengan Safari Ramadan Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dan Pererat Silaturahmi Antarsesama”.

Bupati Pelalawan HM Harris dalam arahannya mengemukakan, Safari Ramadan di Kelurahan Langgam merupakan safari terakhir Ramadan tahun ini.

”Malam ini, ada dua tim Safari Ramadan. Pertama rombongan saya pimpin sendiri. Kedua, rombongan yang dipimpin oleh wakil bupati di Desa Serapung Kualakampar,” kata HM Harris sambil memperkenalkan satu per satu pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Pelalawan kepada jemaah.

Pada kesempatan ini, Bupati Pelalawan HM Harris kembali mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengubah mindset atau pola pikir guna menghadapi persaingan global.

“Saat ini kita telah masuk pada masa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan demikian, persaingan tidak saja terjadi di antara sesama kita, melainkan telah terjadi persaingan ekonomi dengan negara luar. Kalau kita tidak siap, kita akan terus tertinggal,” papar pria kelahiran Langgam, 2 Februari 1950 itu.

Bupati Pelalawan tak menyia-nyiakan momen tatap muka itu untuk menyosialisasikan dan membahas visi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan 2011-2016 yakni, pembaruan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan, hingga RPJMD 2016 - 2021 Inovasi Menuju Pelalawan EMAS.

"Berbagai program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah ini. Kita tidak mau lagi masyarakat hidup sudah di negeri ini. Makanya kita gulirkan program prorakyat berupa 7 program strategis Pemkab Pelalawan yakni Pelalawan Sehat, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang, Pelalawan Makmur melalui PPIDK, Pelalawan Lancar, Pelalawan Eksotis, Pelalawan Inovatif," bebernya.

Pada kesempatan itu, Bupati Harris mengajak seluruh jemaah untuk mengubah pola pikir menuju kesejahteraan. "Mengapa orang bisa kita tidak bisa. Apa bedanya kita sama mereka? Ini yang harus jadi pemicu kita untuk maju menuju kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_fmmm8_468.jpg
Bupati HM Harris berbuka puasa bersama di Mesjid Nurul Islam dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Rabu (22/6/2016).  

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_fsjnk_469.jpg
Ketua Tim PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Maynar Harris berbuka puasa bersama di Mesjid Nurul Islam dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Rabu (22/6/2016).  

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23062016/potretnewscom_4r5tr_461.jpg
Bupati Pelalawan HM Harris menyerahkan bantuan kepada jemaah Mesjid Nurul Islam dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Rabu (22/6/2016).  

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_g2lah_470.jpg
Bupati HM Harris menyerahkan zakat fakir miskin melalui Camat Langgam Sugeng Wirayadi dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Rabu (22/6/2016).  

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_hhdsh_471.jpg
Bupati HM Harris serahkan bantuan jam digital ke Pengurus Mesjid Nurul Islam Langgam dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Rabu (22/6/2016).  

Pada kesempatan yang sama, suami dari Hj Ratna Mainar yang baru saja melakukan kunjungan kerja ke Swedia itu menuturkan ke depannya akan ada kerja sama dengan pihak Negara tersebut guna mengimplementasikan pembangunan serta penerapan teknologi tinggi di kawasan teknopolitan khususnya di kawasan tekno park.

“BPPT RI telah melakukan kesepahaman atau MoU dengan pihak Swedia. Kesepahaman tersebut guna mengimplementasikan 100 tekno park di Indonesia, yang salah satunya ada di Kelurahan Langgam ini sendiri. Melalui MoU BPPT dan pihak Swedia ini, merupakan kesempatan kita untuk mengadopsi teknologi tinggi di Swedia, untuk dikembangkan di Pelalawan,” ujar HM Harris.

Safari Ramadan Wakil Bupati Pelalawan; Dimulai dari Kecamatan Kerumutan Diakhiri di Kecamatan Kualakampar
Safari Ramadan Wakil Bupati Pelalawan Zardewan diawali di Mesjid Jami Baitur Rohman Desa Pematangtinggi Kecamatan Kerumutan, Kamis (9/6/2016) malam silam.

Kemudian, Rabu (23/6/2016), kegiatan penutup Safari Ramadan Wakil Bupati Pelalawan Zardewan mengunjungi kawasan yang paling jauh di daerah ini yakni Kecamatan Kualakampar. Rumah ibadah yang dikunjungi oleh elite Pelalawan adalah Mesjid Raya Ainul Yakin yang berada di Desa Serapung.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pelalawan Zardewan menekankan kepada masyarakat bahwa kegiatan Safari Ramadan sebagai sarana untuk saling lebih mendekatkan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. "Intinya, Safari Ramadan ini dalam rangka untuk meningkatkan ukhuwah dan silahturahim antar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan dengan masyarakat," ujarnya.
 
Mantan Sekdakab Pelalawan ini mengungkapkan, bahwa dirinya juga meminta dan mengharapkan agar masyarakat dapat terus mendukung berbagai program yang tengah digalakkan oleh pemkab.

"Saat ini Pemkab Pelalawan memiliki berbagai program yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat di daerah ini. Salah satunya yakni program Pelalawan Terang melalui pembangunan PLTMG Langgam Power yang telah beroperasi sejak tahun 2013 lalu, untuk mengatasi krisis listrik di Negeri Bono ini," bebernya.

Selain program Pelalawan Terang, imbuhnya, juga ada program kawasan teknopolitan yang kini telah dibangun di Kecamatan Langgam. Di kawasan teknopolitan ini nantinya, Pemkab Pelalawan akan mendirikan Sekolah Tinggi Tehnologi Pertanian (ST2P) sekaligus juga pabrik industri hilir sawit dan laboratoriumnya.

Untuk itu, dengan pembangunan kawasan teknopolitan ini, diharapkan kedepannya generasi di daerah ini tidak hanya menjadi penonton saja tapi benar-benar ikut terlibat dalam pembangunan di daerah ini.

"Kemudian, juga ada program Pelalawan Cerdas, program Pelalawan Sehat, program Pelalawan Lancar dan PPIDK serta pengembangan pariwisata Bono di Telukmeranti. Di tahun ini juga, kita akan membangun Jembatan Serapung yang akan menggantikan jembatan lama. Proyek pembangunan itu kini sudah amsuk dalam proses lelang," tandasnya

Karena itulah, imbuhnya, berbagai program yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Pemkab Pelalawan sudah semestinya harus didukung oleh semua elemen masyarakat. Karena, semua program ini ditujukan bagi kepentingan masyarakat Pelalawan itu sendiri.

"Harapan kita, segala program pembangunan yang dilakukan Pemkab Pelalawan dapat berjalan dengan sukses dan lancar demi kesejahtaraan masyarakat kabupaten Pelalawan," ujarnya seraya mengatakan bahwa masyarakat juga diharapkan dapat menyampaikan aspirasinya yang berkaitan dengan pembangunan melalui kunjungan Safari Ramadan ini. (adv)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23062016/potretnewscom_nxuz8_459.jpg
Wakil Bupati Pelalawan Zardewan menyampaikan sambutan di hadapan jemaah Mesjid Jami Baitur Rohman Desa Pematangtinggi Kecamatan Kerumutan, dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab Pelalawan, Kamis (9/6/2016).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_m6e6x_472.jpg
Wakil Bupati Pelalawan Zardewan menyerahkan bantuan kepada jemaah Mesjid Ainul Yakin Desa Serapung Kecamatan Kualakampar, dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab PelalawanKamis (23/6/2016).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26062016/potretnewscom_sx7pf_473.jpg
Wakil Bupati Pelalawan Zardewan menyerahkan zakat dari Baznas Pelalawan melalui Camat Kualakampar Tengku Syafril sebesar Rp 60 juta, bertempat di Mesjid Ainul Yakin Desa Serapung Kecamatan Kualakampar, dalam kegiatan Safari Ramadan 1437 H Pemkab PelalawanKamis (23/6/2016).

Narasi:
Redaksi potretnews.com

Foto-foto:
Humas Setdakab Pelalawan

wwwwww